Moch Adnan 2 Maret 2024
H allo sobat, taukah sobat bahwa kotak berlangganan artikel yang sering kita pasang di halaman blog itu akan s cara otomatis mengirimkan artikel kepada para subscriber kita. Tatkala sobat sudah selesai mempublish sebuah artikel maka secara otomatis mesin akan mengirimkan artikel tersebut kepada setiap akun yg berlangganan artikel blog kita. Hal ini sangat berdampak baik bagi perkembangan trafik blog kita, dari segi visitor akan membawa kembali para pembaca lama untuk kembali, namun bagi "sesuatu" seperti plagiat celah ini bisa dimanfaatkan oleh mereka untuk mengcopy paste alias menjiplak keseluruhan isi artikel kita. Saya tidak bermaksud apapun terhadap para subscribers yang murni mengikuti kegiatan blogging kita, namun untuk mencegah "sesuatu" itu ada baiknya sobat berusaha untuk memperkecil keleluasaan mereka untuk mengcopy paste isi tulisan blog.

Cara Memperpendek RSS Feed Blog

Hal buruk yang pernah terjadi adalah duplikat konten ketika hasil yang kita cari menunjukkan ada beberapa artikel milik kita menghiasi halaman blog orang lain, walaupun sekarang algoritma google sudah canggih dapat menilai mana konten original dan mana konten yang hasil copy paste /copas, tetap saja jika artikel atau postingan yang kita buat selama ini di copas begitu saja oleh orang lain atau "sesuatu" itu dan tanpa sepengetahuan kita dan bahkan tanpa link sumbernya tentu sangat merugikan bagi kita. Oleh karena itu kita perlu membatasi akses rss feed dengan cara memperpendeknya sehingga artikel blog tidak akan tampil full pada rss feed blog Anda.

Cek apakah RSS Feed blog sudah pendek atau masih panjang
Cek apakah RSS Feed blog sudah pendek atau masih panjang
Baca juga : 
cara mengganti atau merubah nama label postingan di blogger

Cek apakah RSS Feed blog sudah pendek atau masih panjang

Ada berbagai cara untuk mengamankan rss feed blog sobat salah satunya yaitu dengan mempersingkat atau memperpendek rss feed yang digunakan oleh blog sobat, hingga pada akhirnya konten atau artikel tidak akan tampil lengkap pada rss feed blog sobat dan hanya akan tampil kira-kira 200 atau sampai 400 karakter. Salah satu cara untuk melakukan pengecekan dan untuk mengetahui apakah feed blog sobat sudah pendek atau masih panjang atau full adalah dengan mengetikan alamat RSS feed blog sobat pada browser, seperti https://www.mochadnan.com/feeds/posts/default

notes Silahkan copy link RSS Feed diatas dan ganti url www.mochadnan.com dengan url situs sobat sendiri. Kemudian lihat hasilnya

Pengaturan RSS Feed blogger


Seperti yang sudah lama kita ketahui bahwa layanan feedburner sudah tidak lagi tersedia sehingga untuk melakukan pengaturan juga sudah tidak bisa lagi, namun tidak perlu khawatir karena kini kita bisa mengaturnya melalui dasbor blogger kita. 
RSS Feed Blog Sudah Pendek
RSS Feed Blog Sudah Pendek

Masuk atau Login ke dasbor blogger 
kemudian pilih Setelan
gulir kebagian bawah temukan bagian Feed Situs  Pilih Kustom pada bagian
Izinkan feed blog.
Pilih Pendek dibagian Feed postingan blog. Setel kembali menjadi pendek pada bagian setelan Feed komentar blog dan Feed komentar tiap postingan dan selesai.

Baca juga :

Untuk mengetahui apakah RSS Feed Blog kita sudah tersetting sesuai dengan keinginan atau belum, kembali sobat bisa mencobanya dengan mengcopy Url RSS Feed diatas dan pastekan ke browser sobat.

Demikianlah cara mengecek apakah RSS Feed blog sudah pendek atau masih panjang yang bisa saya tulis untuk kali kesempatan ini, seperti biasa semoga bisa bermanfaat untuk kita semua...