MASIGNALPHAS2101
6241506638334725908

Cek Konten Blog Kamu Dari Plagiarisme

Cek Konten Blog Kamu Dari Plagiarisme
Add Comments
6/24/2020

Cek Konten Blog Kamu Dari Plagiarisme
Cek Konten Blog Kamu Dari Plagiarisme - Plagiarisme atau biasa kita kenal dengan copy paste (plagiat) adalah sebuah penjiplakan dan atau pengambilan karya orang lain. Dan itu bisa berupa karya musik, desain, tulisan (artikel) dan lain sebagainya. Tindakan ini jelas tidak baik karena tanpa menyertakan sumber aslinya, tau-tau pelaku plagiat tersebut mengklaim itu adalah hak ciptanya. Saya yakin banyak diantara sobat blogger disini pernah mengalami bagaimana rasanya ketika mengetahui beberapa tulisan yang ada dalam blog sobat dijiplak dan diambil tanpa "permisi" terlebih dahulu.

Pengalaman itu sudah pasti tidak mengenakkan hati, bagaimanapun hasil sebuah karya itu sudah barang tentu membutuhkan pemikiran ketika membuatnya. Contoh kecilnya seperti tulisan yang sedang sobat baca ini, paling sedikit saya harus menyusun ratusan kalimat agar pesannya bisa dapat sampai kepada pembaca. Belum lagi harus membeli segelas kopi dan beberapa batang teman kopi, see... dengan begini saja dapat dibayangkan jerih payahnya.

Oleh karena itu tidak jarang ada beberapa situs atau blog yang menonaktifkan (men-disable) klik kanan pada isi konten-kontennya, hal ini jelas bertujuan agar pelaku copy paste tidak bisa dengan mudah mengambil isi dari konten-kontennya. Menjaga agar apa yang telah dibuatnya tetap menjadi miliknya, dan mungkin akan memberikannya jika ada orang yang meminta izinnya terlebih dahulu.

Baca juga:

Salut sama tampilan baru dasbor blogger

Semua tidak suka dengan plagiat, pelaku plagiat hanya akan memberikan dampak buruk bagi perkembangan blog itu sendiri (situs yang di copy paste). Beberapa dampak buruk pada website yang terkena plagiat diantaranya adalah seperti berikut:

  • Blog terkena gejala plagiat konten, mesin pencarian seperti Google akan menemukan satu kesamaan artikel dalam dua blog atau lebih.
  • Sehingga untuk menempati halaman pertama mesin pencarian (page rank 1 Google) akan terasa sulit.
  • Dampak dari sulitnya masuk ke page rank 1 Google tersebut sehingga membuat blog tersebut mengalami penurunan viewer.
Dikutip dari : Joko Warino Blog (https://jokowarinoblog.com/dampak-blog-hasil-copy-paste-dan-di-copy-paste)

Untuk mengetahui apakah isi konten blog sobat dijiplak (di copy paste) atau tidak, ada baiknya sesekali luangkan waktu untuk melakukan pengecekan, agar ketika mengetahui hal itu sudah terjadi pada beberapa isi konten blognya, sobat bisa menegurnya atau langsung melaporkannya ke Google, supaya blog plagiat tersebut dihapus oleh Google.

Jika mau, link berikut ini bisa membantu melakukan pengecekan tersebut. https://searchenginereports.net/plagiarism-checker 

masukkan 1000 - 2000 kalimat kedalam kotak pengecekan plagiat, kemudian pilih tombol 'check plagiarisme' akan muncul beberapa hasil jika memang benar isi konten sobat itu sudah terkena plagiat. Selanjutnya klik satu persatu semua link hasil pencarian dari plagiarisme checker dan lihat betapa konyolnya kelakuan si plagiat tersebut.

Baca juga :

Menampilkan profil penulis pada setiap postingan blog

Cek Konten Blog Kamu Dari Plagiarisme
Cek Konten Blog Kamu Dari Plagiarisme


Banyak cara untuk menulis dan mempublishnya guna memenuhi kebutuhan isi konten blog, namun hindarilah cara-cara instan untuk mencapai tujuan itu seperti dengan melakukan copy paste blog orang lain. Hargailah jerih payah orang, jikapun tidak sempat meminta izin ketika akan mengutip isi konten blog lain, maka cantumkanlah link sumber aslinya. Dengan cara ini setidaknya hal tersebut diatas sudah bisa dianggap mewakilinya.


Moch Adnan

Seorang Blogger biasa yang hanya sekedar ingin berbagi. Menulis dan mengutak-atik HTML