MASIGNALPHAS2101
6241506638334725908

Cara Mengatasi Iklan Yang Tidak Tampil Pada Halaman Blog

Cara Mengatasi Iklan Yang Tidak Tampil Pada Halaman Blog
Add Comments
6/17/2020
Cara Mengatasi Iklan Yang Tidak Tampil Pada Halaman Blog
Cara Mengatasi Iklan Yang Tidak Tampil Pada Halaman Blog - Hallo sobat blogger semua, senang sekali disini kita bisa berjumpa lagi. Dan dalam kesempatan yang sempit ini Admin blog ingin sekalian menyampaikan pesan agar kita semua tetap untuk saling menjaga jarak, memakai masker ketika keluar rumah, dan sesering mungkin mencuci tangan. Agar secepatnya kita semua terbebas dari covid 19 yang mana virus Corona ini sudah benar-benar menggilas kehidupan kita semua.

Untuk kesekian kalinya artikel tentang AdSense saya coba publish, dimana para pemain yang masih newbie seperti saya ini dalam memonetisasi blog menggunakan Google AdSense terkadang masih saja mengalami banyak kendala. Salah satunya iklan yang tidak tampil pada halaman blog, bagaimana penghasilan mau bertambah jika slot iklan saja tidak terisi oleh iklan, merosot iya dan gak terelakkan lagi. 

Cara Mengatasi Iklan Yang Tidak Tampil Pada Halaman Blog
Cara Mengatasi Iklan Yang Tidak Tampil Pada Halaman Blog


Belum lagi peringatan yang tidak juga kunjung hilang dalam akun Google AdSense saya, miris ketika membaca peringatan tersebut. "Penghasilan Anda Beresiko. Anda perlu memperbaiki masalah file.ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan anda." Kurang lebih seperti itu bunyi peringatannya. (Suerrr....kata-kata itu masih terngiang terus dibenak saya.) 

Baca juga :
Cara Memasang File Ada.Txt Di Blogger

Sebagai pemain GA yang masih newbie, saya tidak akan memberikan banyak tips tentang bagaimana cara memaksimalkan klik pada iklan atau mendorong banyak visitor datang ke halaman blog sobat. Tahapan saya belum sampai kearah sana, disini saya mengajak rekan sesama blogger newbie dalam hal memonetisasi blog untuk bersama-sama belajar dari kesalahan ketika memonetisasi blog kita dengan Google AdSense.

Kejadian ini berlangsung tidak lama, hanya tiga atau empat hari. Dan pada akhirnya masalah iklan tidak muncul dalam halaman blog sudah dapat saya atasi. Sekarang semuanya kembali normal dan semua slot iklan sudah bisa menayangkan iklan, baik itu di header blog, di sidebar, serta pada footer blog. Iklan iklan inilah yang biasa tampil dalam halaman blog ini. 

Cara Mengatasi Iklan Yang Tidak Tampil Pada Halaman Blog
Cara Mengatasi Iklan Yang Tidak Tampil Pada Halaman Blog


Awalnya sempat ngak habis pikir, lho kok iklan pada semua halaman blog saya tidak muncul padahal kode iklan sudah terpasang semua pada tiap-tiap slot iklan. Anehnya begitu saya buka salah satu artikel atau postingan blog, iklan tersebut bisa tayang, saat saya kembalikan ke halaman beranda, iklannya malah tidak tampil.

Sebagai catatan, saya pribadi dalam blog ini menggunakan 4 slot iklan. Masing-masing di Header Blog, artikel, sidebar, dan footer blog.


Jika flash back ke belakang tiga hari sebelumnya saya sempat rapihkan kesemua slot iklan yang ada dalam blog ini, dimana kode script google AdSense.js sy pangkas disemua slot iklan tersebut. Hanya satu kode script google Ads, yang luput dari penghapusan itu, yakni iklan dalam postingan/artikel. Itulah penyebabnya kenapa iklan hanya bisa tampil saat saya membuka artikel saja, dan tidak tayang sama sekali ketika saya membuka setiap halaman dalam blog ini. 

Baca juga :
Cara Membuat Iklan Baru Di Google AdSense

Wah....ternyata penyebab iklan tidak tayang dalam halaman blog ini dikarenakan oleh kode script Google Ads js yang tidak bisa terbaca saat saya berpindah kebagian halaman blog. Ini masuk akal karena kode script yang tersimpan dalam artikel akan tertutup secara otomatis ketika saya membuka salah satu halaman blog.

Kesimpulannya, penempatan kode script Google AdSense harus tepat dan bisa terbaca oleh semua kode iklan yang ada, baik itu ketika kita mencoba membuka setiap halaman blog atau saat kita membuka artikel blog. Oleh karena itu saya pun segera memindahkan posisi kode script Google AdSense tersebut keatas kode <head> dalam template blog ini, cukup satu kode script dan bisa terbaca oleh semua kode iklan yang di setiap slot iklan yang tersedia.

Di luar kasus yang menimpa saya ini, saya yakin masih banyak lagi penyebab lainnya hingga mengakibatkan iklan Google AdSense tidak tampil dalam halaman blog. Mungkin diantaranya:
  • Karena Akun google adsense anda di banned.
  • Konten blog melanggar TOS, Kebijakan Google adsense.
  • Adsense dalam tahap review.
  • Terlalu banyak java script. 
  • Dan lain sebagainya.
Banyak kemungkinannya, disini kita belajar lebih jeli dan mencermati kendalanya saja.
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Tetap semangat para pejuang AdSense....!!!
Moch Adnan

Seorang Blogger biasa yang hanya sekedar ingin berbagi. Menulis dan mengutak-atik HTML