Moch Adnan 3 Januari 2024
Moch Adnan blog - Assalamualaikum, selamat pagi, siang, sore dan malam, sobat semua... Pada kesempatan kali ini saya akan share sebuah kode script yang bisa sobat gunakan untuk membuat sumber link otomatis pada setiap postingan artikel blog, dan link sumber ini akan terlihat ketika beberapa kalimat atau keseluruhan isi ketika artikel di copas/copy paste.
Cara Membuat Link Sumber Otomatis Ketika Artikel Di Copy Paste
Cara Membuat Link Sumber Otomatis Ketika Artikel Di Copy Paste 



Kenapa perlu memasang script ini?

Perlu diketahui bahwa praktek copy paste artikel blog orang dan membuat geram banyak pemilik tulisan, oleh karena itu tidak sedikit dari para pemilik blog dengan sengaja mengunci dan tidak membiarkan isi artikel mereka untuk di copy. Alasannya memang tepat,karena artikel itu mahal harganya.

Apa dengan cara ini bisa berhasil?

Sangat sulit jika harus mengatakan apakah script ini bisa menghindarkan atau bahkan mencegah artikel kita untuk di copy paste. Namun, setidaknya ketika hal itu terjadi maka sumber link dari artikel tersebut akan secara otomatis tercantum didalamnya. Bagaimana cara membuatnya, agar link sumber otomatis ini tersimpan dalam blog?
Oke, lanjut membaca artikel ini untuk menerapkan script link sumber otomatis ketika artikel di copas.

Cara Membuat Link Sumber Otomatis Ketika Artikel Di Copy Paste 

Login kedalam dasbor blogger sobat, kemudian pilih pengaturan, lalu pilih Tema dan lanjutkan dengan memilih menu Edit HTML.

Simpan kode script dibawah ini tepat di atas kode </head> atau setelah kode ]]></b:template-skin>


<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function blogcopaslink(){var e,n=document.getElementsByTagName("body")[0],t=(e=window.getSelection())+("<br/><br/>Sumber Artikel : <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>"),o=document.createElement("div");o.style.position="absolute",o.style.left="-99999px",n.appendChild(o),o.innerHTML=t,e.selectAllChildren(o),window.setTimeout(function(){n.removeChild(o)},0)}document.oncopy=blogcopaslink;
//]]>
</script>
Pilih Simpan dan selesai.

Penutup

Dengan menerapkan kode script di atas ke dalam template blog, seharusnya akan langsung di dapat sebuah link sumber, pada akhiran artikel yang di sorot. Berikut contohnya: 

Contoh 1:
Pengujian hasil kaya menunjukkan bahwa data terstruktur menghasilkan test Valid untuk menu breadcrumb yang telah terpasang.
Sumber Artikel : https://www.mochadnan.com/2023/09/cara-memasang-menu-breadcrumb-di-blogger.html


Contoh 2:
Assalamualaikum, selamat pagi, siang, sore dan malam, sobat semua... Pada kesempatan kali ini saya akan share sebuah kode script yang bisa sobat gunakan untuk membuat sumber link otomatis pada setiap postingan artikel blog, dan link sumber ini akan terlihat ketika beberapa kalimat atau keseluruhan isi artikel di copas/copy paste.
Sumber Artikel : https://www.mochadnan.com/2024/01/cara-membuat-link-sumber-otomatis.html
Selamat mencoba...
Cara Submit/Mendaftarkan Blog Ke Ask.com, Bing, Yahoo Dan Baidu Cara Mengirim Atau Submit Sitemap Ke Google Webmaster