Moch Adnan 5 April 2015
Cara Mengembalikan Setingan BIOS Ke Default (Pengaturan Awal)
Cara Mengembalikan Setingan BIOS Ke Default (Pengaturan Awal)

keuntungan dari mengembalikan pengaturan bios ke pengaturan awal atau pengaturan bawaan pabrik dianggap mampu meningkatkan kembali performa PC, dengan cara ini segala pengaturan yang telah diubah dan menyebabkan komputer mengalami kerusakan bisa diatasi akibat dari kesalahan pengaturan dalam bios yang disebabkan oleh kesalahan sipengguna sendiri. Dengan demikian anda bisa kembali menyegarkan komputer anda karena pengaturan awal atau pengaturan default PC itu sendiri biasanya akan membawa kembali ke awal-awal dimana PC sedang prima.



Perhatian Penggunaan restart ini jarang sekali dilakukan untuk mengatasi suatu masalah apapun pada perangkat, reboot hanya digunakan untuk memulai ulang sistem. 
Berbeda lagi dengan istilah reset,  Reset adalah mengembalikan sistem ke pengaturan pabrik.

Jika diambil sebuah contoh misalnya komputer mengalami gagal booting dan tidak secara otomatis membuka windows, melainkan anda diharuskan menekan sebuah tombol terlebih dahulu (biasanya F1). Maka dengan mengembalikan pengaturan bios ke default hal tersebut diatas bisa diatasi.

Cara Mengembalikan Setingan BIOS Ke Default (Pengaturan Awal)


Dan untuk melakukan atau merubah setingan bios ke pengaturan bawaan awal, anda bisa menekan tombol 'Delet' saat ketika komputer sedang booting, lalu memilih menu 'Load Setup To default / LOAD SETUP DEFAULT' jika sudah selanjutnya silahkan press F10 untuk menyimpan perubahan. 

Restart komputer maka masalah komputer tidak bisa langsung membuka windows pun akan teratasi. Mengenai pengenalan dan arti bios serta kegunaan dalam melakukan pengaturannya bisa anda baca kembali dalam artikel sebelumnya, silahkan klik tautan link berikut: pengertian dan fungsi-fungsi pada BIOS 

Demikian saja artikel kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk para pembaca sekalian. Salam    :D