28.2.17

Cara Menjadikan Flash disk Sebagai Pengganti CD/DVD Install Ulang Laptop

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjadikan Flash Disk Sebagai Pengganti CD/DVD Install Ulang Laptop.

Cara Menjadikan Flash disk Sebagai Pengganti CD/DVD Install Ulang Laptop
Rasanya memang sudah waktunya untuk meninggalkan cara lama dalam hal install ulang PC, apa lagi di era laptop atau note book seperti sekarang ini. Menggunakan flashdisk ketika akan install ulang terasa lebih mudah. So, buat sobat yang ingin mengganti cara lama tersebut berarti anda harus mempersiapkan beberapa medianya terlebih dahulu. Adapun media yang harus dipersiapkan meliputi:

FLASH DISK
Sangat disarankan agar menggunakan Flash disk yang berkapasitas tidak kurang dari 4GB, artinya jika kurang dari sekitar itu, dapat dipastikan kelangsungan proses pemindahan data dari komputer ke flashdisk akan mengalami kegagalan.

FILE ISO WINDOWS.
Untuk file iso windows dapat sobat tentukan pilihannya, baik itu nantinya windows Xp, windows 7, windows 8, atau 10. Nah, bagi sobat yang belum memiliki salah satu dari jenis file iso ini silahkan unduh terlebih dahulu.
Download windows Xp
Download windows 7 - 32bit
Download windows 7 - 63bit
Download windows 8.
Download windows 10

SOFTWARE.
Disini saya merekomendasikan Rufus sebagai salah satu software nya, mengapa? Karena software ini selain portable juga sangat mudah dalam penggunaannya. 

Langkah awal adalah menjalankan software Rufus, hingga tampilan Software ini tampak seperti dalam gambar berikut pada PC Anda :

Cara Menjadikan Flash disk Sebagai Pengganti CD/DVD Install Ulang Laptop


Silahkan ubah pada bagian settingan 'create a bootable disk using' dari freeDOS menjadi ISO Image, setelah itu klik 'logo disk' perhatikan pada tanda panah kedua dalam gambar di atas.
Secara otomatis software akan mendeteksi file ISO windows yang sebelumnya sudah sobat simpan dalam komputer. Kemudian langkah selanjutnya klik 'start' untuk memulai pemindahan file. Jika keluar dialog box yang meminta supaya anda memformat device flashdisk, klik 'Quick format'.

Selanjutnya sobat hanya tinggal menunggu dan mengawasi proses jalannya perpindahan data windows dari komputer ke dalam flashdisk sobat. Jika sudah selesai, cabut flashdisk dan cobalah mulai melakukan penginstalan pada laptop sobat. Demikianlah kurang lebihnya Cara Menjadikan Flashdisk Sebagai Pengganti CD/DVD Install Ulang Laptop anda. Selamat mencoba...

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Menjadikan Flash disk Sebagai Pengganti CD/DVD Install Ulang Laptop . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar