8.12.14

Manfa'at Kesehatan Yang Bisa Anda Dapat Dengan Mendengarkan Musik

Musik bukan hanya sekedar untuk hiburan dan pelepas ketegangan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa melodi yang baik merupakan salah satu yang bisa meredakan rasa sakit, mengurangi stres, menurunkan tekanan darah,dan menyembuhkan insomnia.Bahkan, music tertentu bisa membantu mengatasi penyakit jantung, asma, dan kepikunan. peneliti dari cleveland clinic menemukan bahwa mendengarkan music selama satu jam sehari bisa mengurangi rasa sakit hingga 20 %. Sementara ,menurut Cheryl Dilego, ahli terapi music dari Arts and quality of life Research Center di Tample University,Amerika serikat,music mampu menstimulasi pelepasan endorfin di otak,.Zat kimia otak ini berpungsi menutupi rasa sakit.

Mendengarkan music riang juga bisa membantu meredakan gejala gejala depresi hingga 25persen. Studi lain dari prancis mengungkapkan, music new Age bisa mengurangi kadar hormon stres kortisol. Sebuah studi dari jepang menyatakan bahwa music favorit anda bisa mengusir keletihan saat berolah raga.
Meningkatkan suasana hati (Mood) Reaksi orang ketika mendengarkan musik umumnya berbeda-beda. Tetapi, apapun pilihan musik Anda, sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk.

Tingkatkan daya tahan tubuh Mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu Anda berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.
Kesehatan mental lebih baik Musik dapat menjadi pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang berurusan dengan kondisi kesehatan mental.
"Ada dua cara berbeda yang digunakan dalam terapi musik: baik sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri atau untuk kualitas inheren restoratif atau penyembuhan," kata Bridget O'Connell.
Redakan stress. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.
Perawatan pasien Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Music juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan karena rangsangan ritmis mampu mampu meningkatkan fungsi otak manusia sekaligus dapat menciptakan perasaan yang nyaman dan tenang, fungsi kerja otak manusia pun akan semakin meningkat, kemampuan berpikir lebih jernih dan tajam. Dan mampu menepis kepikunan.
Rangsangan ritmis dari music yang diperdengarkan juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa, meningkatkan kreativitas, serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita.
Buat anda yang susah tidur music bisa jadi solusi,pasanglah music piano klasic selama 4 minggu ini akan mendorong anda untuk bisa tidur lebih nyenyak.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Manfa'at Kesehatan Yang Bisa Anda Dapat Dengan Mendengarkan Musik . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar