Moch Adnan 14 Februari 2024
Moch Adnan Blog - Dibanding buah-buahan lain,ternyata manggis dikenal memiliki indeks anti aktivitas oksidan atau ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) tertinggi. Dalam buah manggis terdapat potassium, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1,B2, dan B6. Semua zat tersebut bermanfa’at untuk membantu memelihara kesehatan tubuh kita.

Selain itu buah manggis juga dikenal sangat kaya akan zat santon (xanthones). Saat ini dikenal tak kurang dari 300 jenis santon dari berbagai buah-buahan. Santon dari kulit manggis nyatanya memiliki tak kurang dari 20 jenis. Ini luar biasa sekali dan dua diantaranya adalah alpha mangostin dan gamma mangostin.
Manggis Buah Kaya Nutrisi

Sebuah studi  akan buah manggis ini juga menguatkan fakta bahwa xanthones memiliki sipat dan aktivitas anti oksidan yang sangat kuat. Serta berfungsi menetralisir  atau meminimalisasi pengaruh negative radical bebas. 

Kasiat tersebut jauh lebih tinggi dibanding khasiat yang ada pada vitamin C dan E. santhon juga mengandung energy matahari murni dalam jumlah yang tepat dan dibutuhkan oleh tubuh kita.

Berikut kandungan nutrisi manggis dalam setiap 100 gram buah:


Zat Gizi Nilai Nutrisi
Fiber diet 1.8 g
Protein 0.4 g
Lemak 0.6 g
Karbohidrat 18 g
Kalsium 0.14 g
Air 81 g
Besi 0.003 g

Demikianlah beberapa kandungan Nutrisi yang terdapat dalam setap 100gram buah manggis, sungguh sebuah anugrah dari alam yang sangat berguna sekali bagi kesehatann tubuh manusia.

Khasiat Buah Bengkuang

Manggis Buah Penyembuh Yang Hebat


Buah manggis juga dapat mengobati penyakit kanker, selain rasanya yang memang enak. Dalam masyarakat dulu manggis dijadiakan ramuan untuk pengobatan alami ataupun pereda rasa nyeri. Dan seiring kemajuan zaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi ,eksplorasi dibidang kedokteran serta farmasi, menunjukan bahwa manfaat buah manggis sangat banyak. Di Amerika suplemen diet buah manggis sangat popular buah ini diyakini dapat mengobati penyakit  kardiovaskuler  serta berbagai gangguan penyakit kulit.
Manggis Buah Penyembuh Yang Hebat
Buah yang satu ini dikenal juga memiliki pendorong energy alami serta bisa digunakan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Zat laden-nya bersifat meningkatkan system kekebalan tubuh serta dapat melawan penyakit yang menyebabkan infeksi. Sementara itu juga, xanthopes dalam buah manggis berfungsi mencegah perkembangan sel tumor  dan kanker hati serta paru-paru. Manggis juga berguna dalam mengobati penyakit hati yang diakibatkan oleh penyerapan usus terhadap kolestrol jelek.


Sssstt…! Berikut manfaat lain dari buah manggis

Bentuk buah manggis sangat eksotik; bulat dengan kulit luar yang keras berwarna ungu tua, sementara bagian dalamnya lembek dan memiliki kadar air cukup tinggi. Adapun daging  buahnya berwarna putih.sebelum  menyantap manggis terlebih dahulu anda harus mengupas kulitnya yang padat dan memiliki ketebalan 5mm. sebaiknya gunakanlah pisau serta menghindari mengupasnya menggunakan gigi, sebab selain keras bisa saja air dari kulit dalamnya akan mengotori mulut atau bahkan baju Anda.

Berikut adalah manfaat lain dari buah manggis
  • Rebusan kulit pohan manggis dapat mengatasi disentri kronis, diare, dan demam. Untuk asma, pengobatan dapat dilakukan menggunakan kulit manggis kering yang diasapkan.

  • Membantu menjaga berat badan ideal dan detoksifikasi,  manggis secara normal dapat mendukung tubuh dalam mendapatkan lemak dan gula darah

  • Jus manggis dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh dan sirkulasi darah.

  • Bermanfaat mencegah dan menghentikan penyakit diabetes, serta penyakit kronis lainnya.

  • Obat untuk infeksi kulit dan luka.

  • Batang manggis sebagai bahan kumur sangat efektif mengatasi gangguan mulut dan tenggorokan.

  • Suplemen dan jus manggis dapat mencegah nyeri  dan peradangan sendi,  meredakan gejala depresi dan kecemasan.serta meningkatkan aura kesehatan secara menyeluruh.

  • Sipat antioksidan-nya juga dapat melawan tuberculosis serta memiliki efek serotonin (senyawa kimia yang penting sebagai pembawa pesan ke otak dari dan keseluruh tubuh) 


Khasiat Daun Seledri Untuk Penyubur Rambut

Fakta lain menyatakan bahwa buah manggis bersifat  methicillin-resistant staphylococcus aureus (MRSA) yaitu resisten terhadap bakteri penyebab terjadinya infeksi. Beberapa sifat manggis yaitu: anti bakteri, anti radang, anti jamur,anti depresan, anti diabetes, serta anti mikroba. Manggis juga memiliki sifat anti borok, anti tumor, anti penyakit akibat virus, antibiotic, dan anti imflamansi. Demikianlah kehebatan yang ada dari Alam, melalui buah manggis,  dan manusia mendapatkan segala manfaatnya.