MASIGNALPHAS2101
6241506638334725908

Manfaat dan Khasiat Buah Bengkuang

Manfaat dan Khasiat Buah Bengkuang
Add Comments
5/27/2020
Manfaat dan Khasiat Buah Bengkuang
Manfaat dan Khasiat Buah Bengkuang

Bengkuang merupakan buah yang kaya akan berbagai zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam bengkuang yang paling tinggi adalah vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam bengkuang adalah fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Bengkuang juga merupakan buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menyegarkan tubuh setelah mengkonsumsinya dan menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk menghilangkan deposit-deposit lemak yang mengeras yang terbentuk dalam beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, bengkuang dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Sejararah singkat tentang buah bengkuang
Oya gaess...bengkuang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan tepatnya Mexico. Suku Aztec menggunakan biji tanaman bengkuang ini sebagai obat-obatan. Kemudian pada abad ke-17, Spanyol menyebarkan tanaman ini ke daerah Philipina sampai akhirnya menyebar ke seluruh Asia dan Pasifik. 

Tanaman ini masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon, dan sejak saat itulah bengkuang dibudidayakan diseluruh negeri. Bengkuang sekarang ini lebih banyak dibudidayakan didaerah Jawa dan Madura atau didataran rendah. 


Kandungan Zat Gizi pada buah Bengkuang per 100 gram 

Kandungan Zat Gizi
Energi 55 kal
Protein 1.4 gr
Karbohidrat 12.8 gr
Kalsium 15 mg
Fosfor 18 mg
Vitamin A 0 SI
Vitamin B1 0.04 mg
Vitamin C 20 mg
Besi 0.6 mg


Sumber perawatan bagi tubuh Tanaman umbi ini biasa ditemukan dalam masker, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion. Bengkuang terbukti menyegarkan, karena akar umbi dari bengkuang memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 86-90 persen, sehingga memberi efek melembabkan.

Bengkuang mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan tabir surya alami untuk mencegah kulit rusak oleh radikal bebas. Plus, zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi. 

Beberapa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan : 

Mengobati Sariawan Bengkuang dapat diberikan pada penderita sariawan dengan cara dibuat dalam bentuk jus yang kemudian ditambahkan dengan madu dan air secukupnya. 

Mengobati Wasir Untuk mengatasi wasir, bengkuang dibuat dalam bentuk jus yang diminum setiap bangun tidur dan pada pagi hari.

Mengobati Demam Bengkuang yang mempunyai sifat kimiawi yang berkhasiat mendinginkan dapat digunakan untuk menurunkan demam. Umbi bengkuang dapat dimakan secara langsung maupun dibuat dalam bentuk jus yang diminum pagi dan sore. 

Baik bagi Penderita Penyakit Kencing manis, Bengkuang dibuat dalam bentuk jus atau dapat pula diparut kemudian disaring lalu diambil sarinya dan diminum setiap pagi dan malam hari.


Sebagai penutup artikel dapat saya informasikan bahwa manfaat yang terkandung dalam buah bengkoang ini masih banyak lagi, dan sobat bisa menemukan nya dalam beberapa situs lainnya yang telah membahas hal yang sama. 

Sumber: bakulatz on manfaat buah bengkuang
Moch Adnan

Seorang Blogger biasa yang hanya sekedar ingin berbagi. Menulis dan mengutak-atik HTML