15.9.14

Cara Mengetahui Kondisi Aki Yang Mulai Rusak

Posisi aki yang berada dalam kendaraan sipatnya sangatlah vital, dengan adanya aki yang terpasang maka mempermudah sipengendara itu sendiri untuk mengoperasiakan kendaraannya untuk mendukung aktivitas serta keperluan sehari-hari. Jika sadar sebenarnya, ada tanda-tanda jika Aki mulai mengalami kerusakan, dan berikut ini adalah cara mendeteksi Aki yang mulai rusak

Cara Mengetahui Kondisi Aki Yang Mulai Rusak
Gunakan Volt meter, dengan menggunakan alat ini (Tester Volt meter) anda akan mendapatkan hasil yang akurat dan terpercaya mengenai kerusakan Aki pada kendaraan. Voltase yang ada dalam aki dapat ditinjau secara seksama.

Lakaukan pengecekan,ketika aki selesai di charge, voltase standar aki motor adalah kisaran 12,4 volt. Bila tegangan yang terjadi kurang dari 12,4 volt, sepertinya aki sudah mulai ngedrop dan pastilah pertanda bahwa anda harus segera menggantinya. Cara mengetahui voltase yang didapat setelah men-charge aki adalah dengan memasangkan aki tersebut ke motor, putar kunci kontak motor keposisi ON sekitar 2-3 detik, setelah itu kembalikan posisi kunci kontak ke OFF. Lalu lepaskan aki dan cek menggunakan Volt meter. Jika voltase aki tidak kurang dari 12,4 volt, pertanda aki anda masih bagus dan tak perlu untuk menggantinya.

Ketahui melalui Spidometer Motor, Nha…ini yang paling mudah untuk anda lakukan. Caranya adalah dengan memutar posisi kunci kontak motor ke posisi ON, lalu nyalakan motor anda. Jika mesin sudah menyala(hidup) selanjutnya nyalakan lampu Sein kiri atau kanan. Dan ketika sinar lampu dalam spidometer ikut berkedip lemah, ini menandakan Aki motor anda sudah mulai tidak stabil.

Perhatikan atau Rabalah permukaan depan aki, jika diibaratkan seperti batterai handphone yang kondisinya sudah mulai menggelembung, pastilah daya tahan batterai handphone tersebut cepat habis ketika selesai di charge, begitupun dengan kondisi aki motor yang mulai menggelembung pada permukaan aki. Anda bisa merabanya dengan tangan anda, hal permukaan aki menjadi mengelembung ini lebih dikarenakan oleh factor Elektrolit yang ada didalam aki part ini berbentuk cairan yang bila panas akan berubah menjadi uap bertekanan sehingga menekan dinding aki.

Terakhir, untuk mengetahui atau mendeteksi kondisi aki yang mulai rusak, mungkin adalah dengan melakukan korsleting. Dimana menghubungkan langsung kutub positif dan kutub Negatif sehingga akan menghasilkan percikan api. Dengan melihat volume percikan listrik tersebutlah anda bisa mengetahui dan menentukan tegangan yang terjadi.

Mungkin itu saja cara mengetahui kondisi aki yang mulai rusak yang dapat saya tuliskan, selamat menikmati hari anda, dan terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Mengetahui Kondisi Aki Yang Mulai Rusak . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar