20.1.14

Ketika Hujan Datang Dan Kali Jambe Pun Meluap

Ketika Hujan Datang Dan Kali Jambe Pun Meluap

Ketika Hujan Datang
Derita yang menimpa saudara-saudara kita yang berada di Menado semalam benar-benar terasa disini, hujan deras yang mengguyur selama empat hari menyebabkan Bekasi atau tepatnya di Perum Papan Mas tergenang banjir. Luapan air dari sungai Kali Jambe melumpuhkan aktifitas warga setempat, di tambah adanya pemadaman Listrik yang kian menambah gelap gulita keadaan disekitarnya. Cuaca yang buruk dengan volume jumlah curah hujan yang intens menjadi penyebab utamanya.


Jauh-jauh hari warga bersama Pemerintah setempat sudah melakukan pengerukan Kali Jambe, dimana material lumpur dari sebagian badan sungai sudah diangkat guna memperdalam dan memperlancar gerak aliran air sungai. Namun tetap saja hal tersebut tidak bisa membendung luapan air yang banyak.

Kondisi alam yang telah banyak berubah menyebabkan daerah-daerah serapan air musnah dan tersisih berganti menjadi mall serta pabrik-pabrik dan ini menjadi alasan mengapa luapan kali jambe begitu mudah meluap ketika musim penghujan datang.

Hujan adalah rezeki yang turun dari langit, dengan diturunkannya hujan tumbuhan akan menghasilkan buah-buahan yang mana dari buah-buahan tersebut manusia bisa memakannya. Apa yang salah? Haruskah kita mengeluh pada cuaca ini, haruskah kita menyalahkan Alam, atau mengutuk pada kerasnya hidup.

Ini adalah cerminan pola hidup kita yang sudah melupakan alam cenderung merusak dan tidak peduli akan lingkungan, manusia lebih mementingkan materi dan kesenangan sesaat hingga begitu alam murka maka bencana alam terjadi disana-sini. 

Ketika Hujan Datang Dan Kali Jambe Pun Meluap


Artikel ini saya publish setelah aliran listrik menyala kembali dilingkungan kami, perlu menunggu hingga satu hari satu malam hanya untuk menunggu aliran listrik menyala kembali. Dan mungkin kejadian seperti ini akan berlanjut atau bahkan bisa dibilang akan menjadi tamu tahunan. Seperti tahun kemarin, dan tahun sebelumnya dimana 'kebanjiran' karena luapan air kali jambe datang menyerbu.

Akhirnya kami hanya pasrah pada keadaan sambil menyaksikan rumah-rumah kami yang tergenang oleh air, harapan kami hanya satu semoga genangan air ini cepat surut dan bencana ini berakhir.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ketika Hujan Datang Dan Kali Jambe Pun Meluap . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar