Moch Adnan 22 Januari 2014
Shalat tahajjud
Shalat Tahajjud ( Tata Cara Shalat Tahajjud )
Moch Adnan Blog - Shalat Tahajjud ialah shalat sunnat yang dikerjakan pada waktu malam sedikitnya dua rakaat dan sebanyaknya tidak terbatas, waktunya sesudah shalat isya sampai terbit fajar. Shalat di waktu malam hanya dapat di sebut shalat tahajjud dengan syarat apa bila dilakukan setelah bangun dari tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar. Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat tahajjud. Tetapi shalat sunnat biasa seperti witir dan sebagainya.

Sudah kita ketahui bahwa waktu melakukan ibadah ini dari waktu isya hingga subuh, namun sepanjang malam ada saat-saat utama, lebih utama, yang paling utama. Waktu malam yang panjang itu dapat terbagi menjadi 3 bagian:
  • 1. Sepertiga pertama,
    kira-kira jam 19 sampai dengan jam 22 ini saat utama.
  • 2. Sepertiga kedua,
    yaitu kira-kira jam 22 sampai dengan jam 01, ini saat yang lebih utama.
  • 3. Sepertiga ketiga,
    yaitu antara jam 01 sampai dengan masuknya shubuh, ini adalag saat yang       paling utama.

Bacaan Niat Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud
USHALLI SUNNATATTAHAJJUDI RAK ATAINI LILLAAHI TA AALAA

"Aku niat mengerjakan shalat sunnat tahajjud dua rakaat karena Allah ta'ala"

Tata cara shalat tahajjud dilakukan seperti lazimnya shalat sunat biasa, di rakaat awal setelah membaca surat Al-fatihah, kita bisa membaca surat-surat pendek seperti surat Al-Ikhlas. Namun jika memang hafal dengan surat-surat Al Qur'an yang lain, maka diperbolehkan.

Doa Sesudah Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud
ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDI WAMAN FIIHINNA WALAKAL HAMDU ANTA PAYYIMUS SAMAWAATI WAL ARDHI WAMAN FIIHINNA WALAKAL HAMDU ANTAL HAQQU WAWA'DUKA HAQQUW WAQAULUKA HAQQUN WAN NAARU HAQQUN WAS SAA ATU HAQQUN WAN NABIYYUUNA HAQQUN WA MUHAMMADUN HAQQUN ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU WA'ALAIKA TAWAKKALTU WABIKA AAMANTU WA ILAIKA ANABTU WABIKA KHAASAMTU WA ILAIKA HAAKAMTU FAGHFIRLII MAA QADDAMTU WAMAA AKH KHARTU WAMAA ASRARTU WAMAA ALANTU ANTAL MUAKH KHIRU LAA ILAAHA ILLA ANTA AU LAA ILAAHA ILLA GHAIRUKA.

"Ya Allah, bagiMu segala pujian, Engkaulah cahaya langit dan bumi dan apapun yang ada diantara keduanya. BagiMU segala pujian. Engkaulah yang maha benar dan janjimu benar, dan firmanMU benar, dan pertemuan denganMU adalah sesuatu yang benar dan surgaMu benar dan neraka benar, dan hari kiamat benar, dan para nabi benar, dan Muhammad benar. Ya Allah kepada mu aku memasrahkan diri, kepadaMU aku bertawakal kepadaMU aku beriman, kepada mu aku kembali, kepada mu aku berjuang, dan kepada mu aku menimbang. Ya Allah ampunilah dosa ku yang telah lalu dan dosa yang akan datang dan dosa yang tidak akan sembunyikan dan dosa yang aku tanpakkan. Engkaulah yang Maha awal dan Engkaulah yang Maha akhir, tiada Tuhan selain Engkau. Tiada Tuhan selain Engkau"

Setelah selesai membaca doa diatas kemudian perbanyaklah membaca Istigfar.
Shalat Tahajjud
Demikianlah artikel dalam kategori islami yang dapat saya sampaikan yakni tentang  tatacara shalat tahajud, semoga bermanfaat.