Moch Adnan 25 Februari 2024
Cara Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Mematikan Data Kuota Hp
Moch Adnan Blog - WhatsApp dalam perkembangannya dan penggunaannya sudah mencapai titik yang "Luar biasa" dengan fitur dan opsi setelan yang membuat pengguna aplikasi ini kian merasa nyaman saja ketika menggunakannya.

Salah satunya adalah pengaturan/setelan yang bisa menghindarkan pengguna aplikasi ini terbebas dari pantauan orang yang berkirim pesan atau mencoba membuat panggilan WhatsApp, menghindar dari dugaan "online, tapi malas baca, atau di baca, tapi malas balas chatting-an".

wwooo Untuk sobat yang sudah terbiasa menggunakan opsi setelan yang tersedia dalam aplikasi WhatsApp, dipersilahkan untuk menambahkan trik dan tips nya melalui kolom komentar artikel ini.

Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Namun Kondisi Hp Tetap Online.


Dulu sempat saya posting sebuah tips cara menghilangkan ceklist biru di WhatsApp, namun sepertinya trik itu tidak begitu efektif lagi. Baca artikelnya disini

Trik itu hanya bikin si pengirim pesan WhatsApp wondering saja, antara udah di baca atau belum sih, sebenernya pesan tersebut?.

Berbeda sekali dengan tips kali ini, walau sebenarnya koneksi jaringan internet kita sedang aktif (online), tetapi si pengirim pesan akan melihatnya offline.
Cara Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Mematikan Data Kuota Hp
Gambar 01



Hal itu dapat terlihat ketika setelah pesan WhatsApp terkirim, namun si pengirim pesan hanya melihat ceklist nya hanya centang satu. 

Lihat gambar di atas, setelah saya mengaktifkan pengaturannya. Hasilnya hanya ceklist satu, padahal saat itu kuota internet hp saya sendiri sedang aktif.

Jelas sekali, kalau hanya centang satu, itu berarti menandakan nomor yang dituju sedang offline atau mungkin kehabisan kuota, atau malah hp bersangkutan bisa dianggap sedang nge-drop.

Tertarik untuk mencoba cara yang saya ceritakan diatas sob? Siap. Baca terus ya artikel ini.

Menjadi Pembeda, Antara Malas Merespon dan Sedang Tidak aktif

 

Perbedaannya jelas terlihat sekali, antara dianggap lama merespon, dengan hp yang sedang tidak aktif. 

Nah, jika ingin dianggap anda sedang tidak aktif (offline) oleh si pengirim pesan WhatsApp, Anda bisa menerapkan cara berikut ini dalam pengaturan aplikasi WhatsApp Anda.

  • Buka aplikasi WhatsApp
    Kemudian pilih 'Setelan'
  • Kemudian pilih 'Penyimpanan dan Data'
  • Cara Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Mematikan Data Kuota Hp
    Gambar 02 
  • Pilih 'Proxy' dan pastikan dalam status 'off' dan lanjutkan klik 'Setel Proxy

  • Pada bagian 'Host Proxy' ketikkan angka seperti berikut: 1.1.1.1 dan lanjut dengan menyimpan setelan.

Untuk melihat apakah trik ini berhasil atau tidak, diperlukan pengujian. Dengan cara, meminta salah satu kontak WhatsApp agar mengirimi Anda pesan. Jika didapatkan hasil seperti yang terlihat dalam gambar 1 di atas, itu artinya trik dan tips ini berhasil.

Dengan demikian Anda bisa tetap online dan browsing sesuka anda, tetapi tanpa ada gangguan panggilan atau pesan masuk dari aplikasi WhatsApp Anda.

Hanya ketika Anda mematikan setelan 'Proxy' WhatsApp ini, maka pesan-pesan yang bejibun tersebut akan menyerang masuk.

Demikianlah Trik Menonaktifkan WhatsApp tanpa mematikan data kuota Hp, semoga bermanfaat.