Moch Adnan 18 November 2023
Moch Adnan Blog - Sobat yang berbahagia, senang sekali saya bisa kembali menjumpai sobat semua lewat tulisan ini. Dan tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, sudah hampir beberapa bulan unek-unek yang pertama kali saya publish, dan tidak terasa sekarang sudah tiba saatnya bagi saya untuk kembali bercerita dan berbagi pengalaman ngeblog.
cerita ngeblognya Moch Adnan


Seperti yang sudah pernah saya tulis pada postingan sebelumnya, yang berjudul cerita ngeblognya Moch Adnan
selepas artikel itu dipublikasikan saya pun kembali kerutinitas seperti biasanya. Menjalani kehidupan dunia nyata, dan terkadang menyusup ke dunia Maya (Ngeblog). Ya, seperti saat inilah dimana saya meninggalkan ranah dunia nyata saya.

Disela-sela waktu senggang, saya sering meluangkan waktu untuk mengelola, dan memantau perkembangan blog ini. Karena bagaimanapun, dan mengingat betapa terpuruknya blog ini, maka saya ingin selalu merawatnya.

Bagaimana pun Melelahkannya, Pasti masih ada harapan.

Taukah sobat bahwa SEO sangat berperan penting dalam membangun sebuah situs, atau blog. Dengan pemahaman SEO yang baik, pengelola blog bisa merasakan langsung manfaatnya. Bukankah, tujuan awal dibangunnya blog itu sendiri, memang untuk itu?. Dan sementara sisanya, hanya perjuangan yang melelahkan.

Melihat kembali ke belakang, di mana sebelum artikel ini tersedia. Ada banyak kendala yang saya alami, seperti:

bagaimana pun melelahkannya, pasti masih ada harapan
Artikel mengalami deindeks


1- Artikel mengalami deindex.

Banyak postingan-postingan dari blog ini, tidak mampu, bahkan benar-benar tak berdaya untuk bisa muncul di mesin pencarian, dan bahkan untuk memposisikan diurutan teratas mesin pencarian. 

Beberapa ada yang bisa terindex dan muncul di posisi pertama, namun itu hanya segelintir saja. Sisanya menghilang!. Sangat sulit menemukan postingan-postingan tersebut, lebih dari,  "Seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami".

Bagaimana pun Melelahkannya, Pasti masih ada harapan
Performa blog di GSC


2- Performa blog di Google Search Consol.

Algoritma, data web inti, performance, dan halaman, sangat memusingkan. Tidak bisa saya bayangkan, begitu banyak sekali hal yang harus saya lakukan. Permasalahan terkait halaman tidak terindex berkumpul disini, banyaknya jumlah postingan yang terpengaruh dari pengalihan mencapai ribuan link.

Bagaimana pun Melelahkannya, Pasti masih ada harapan
Halaman terindeks


3- Halaman terindex tetapi tidak stabil.

Saat sebuah artikel, bisa mencapai posisi pertama di serp engine, ternyata itu tidak menyenangkan juga. Ketahanan posisi itu sendiri tidak bisa lama. Kemudian meluncur terjun keurutan bawah.
Kasus seperti ini ada yang menamainya dengan istilah google honeymoon, ketika waktu honeymoon nya habis untuk artikel tersebut, maka, hilanglah posisi artikel tersebut.

Bagaimana pun Melelahkannya, Pasti masih ada harapan
Penolakan Google adsen
 

4- Bertubi-tubi mendapatkan penolakan GA (Google Adsense).

Menunggu, adalah sesuatu hal yang sangat membosankan bagi saya. Tetapi apa daya, saat berhadapan dengan kekuatan yang absolut, saya akhirnya hanya bisa menunggu. Dan ketika batas waktu untuk menunggu itu hilang, kemudian saya dengan gencar melakukan kembali pendaftaran blog ke Google Adsense.

Sobat Moch Adnan blog yang budiman, bagaimana pun melelahkannya perjuangan panjang saya ini, sedikit keberhasilan dalam mengelola dan memantau perkembangan blog ini masih ada hasilnya.  dengan diterimanya pendaftaran saya ke Google Adsense, dengan bertambahnya jumlah halaman yang terindex, dengan segala teknik SEO yang saya coba terapkan kedalam blog ini.

Saya tidak langsung berpuas hati, bagaimana pun perjuangan panjang saya ini, masih jauh dari keberhasilan. Dan setelah artikel ini saya sediakan, maka saya pun kembali kerutinitas yang seperti sudah saya ceritakan di atas. Akhir kata, saya ucapkan banyak terima kasih, kepada sobat yang sudah Sudi mampir dan meluangkan waktunya, untuk membaca tulisan ini. Terus menulis dan tetap semangat.