Moch Adnan 21 Juni 2023
A ssalamu'alaikum... Selamat pagi semuanya, perkenankan saya disini untuk kembali mengurai perjalanan blogging saya selama ini. Dimana selama hampir 1 tahun lebih saya sempat vacum dari dunia perbloggeran hanya karena gara-gara terkendala masalah perpanjangan nama Domain, saya ingin bilang sama sobat semua jangan sampai sobat mengikuti dan mengalami kejadian seperti saya. Domain sampai masuk daftar lelang, akun google adsense kena stop tayang, dan arsip dalam blog berserakan terkena imbas gara gara gonta ganti nama Domain gretongan. 
Cerita Ngeblognya Moch Adnan
Cerita Ngeblognya Moch Adnan

Jatuh Bangkrut 

Awalnya, semua masih dalam kendali tangan saya. Tidak ada masalah sama sekali, namun tanpa saya sadari tiba-tiba saya terkendala dengan masalah akses masuk ke dalam halaman dasbord domain. Ikuti link berikut ini, saya pernah menuliskannya disana. Cara beli domain 

Koq bisa sih ? Saya baru menyadarinya ketika setelah saya berganti handphone baru sementara saat itu, ketika saya mengaktifkan menu two vactor security atau keamanan login ke dalam pengaturan dasbord Domain. Ketika itu saya mengaitkannya dengan layar kunci hape lamanya saya, disini nih, disini semuanya mulai jadi Amsiong. Iya kan, pas banget waktu itu nama domain saya sudah mulai mau expired juga. 

Ngubungin founder id blanter 

Perjuangan saya untuk bisa mendapatkan kembali www.mochadnan.com yang telah terkena exspired domain benar-benar menyita 1 tahun lebih waktu saya, kesabaran saya tercurah total habis dalam penantian lama itu, bagaimana tidak? 
Cerita Ngeblognya Moch Adnan
Setiap kali mengecek nama Domain di setiap layanan penyedia, maka hasilnya akan selalu seperti ini "Domain tidak tersedia" coba nama domain alternatif lainnya, kenapa begitu lama prosesnya, pernah mencoba ngetik nama domain saya di salah satu penyedia layanan domain lainnya, dan hasilnya? 

Wow...nama domain tersedia, bagus! Tapi itu dia, ternyata saya harus mengikuti lelang dengan harga yang buzugbuneng MAHAL dah... Ilok atuh harga yang pernah ane beli gak nyampe 300ribuan, lhaa waktu itu kalo kudu ikut lelang bisa nyampe ratus jutaan. 

Ngabuburit... 

Sekali lagi buat sobat semua saya wanti-wanti jangan sampai mengalami hal seperti ini, rasanya tuh seperti mendadak bangkrut, tidak enak lah rasanya. Selama menunggu mochadnandotcom ini bisa saya dapatkan kembali banyak doa dan usaha lain yang saya coba tempuh, tapi aneh nama domain ini selalu saja terbayang dalam ingatan. 

Nama domain alternatif sudah beberapa kali saya masukkan kedalam keranjang belanja dan checkout, tapi ketika akan membayar keraguan selalu saja datang dan pada akhirnya saya pun "tidak jadi membeli". 
Cerita Ngeblognya Moch Adnan


Saya hanya seorang blogger paruh waktu yang posting artikelnya gak karu-karuan, jadi blogger paruh waktu ditentang oleh semua keluarga besar saya. Itu baru paruh waktu, apalagi jika full time, mungkin saya akan dibilang tidak waras. Kenapa ya mereka tidak paham juga, apakah informasi mengenai blogger kurang sampai ke telinga mereka. 

Berbuah Hasil 

Di luar sana banyak sekali dari mereka yang telah sukses dengan menjadi seorang blogger, yakini saja bahwa ini akan membawa hal positif bagi pelakunya sendiri. Tidak mendapatkan receh dari blog tidak masalah, pengetahuan tetap masih saya dapatkan. Malah tanpa di duga dengan adanya kejadian ini, saya bisa sampai kenal dengan seorang founder seperti id blanter dan beberapa kali juga berkirim whatsapp.

Memang seperti itulah sob, untuk domain yang kita beli hanya untuk 1 tahun terus terkena kendala, maka nama domain itu akan berurai mengikuti tahapan tahapan peleburan hingga pada akhirnya nama domain itu akan kembali tersedia pada layanan penyedia domain dan hosting, ketika seseorang menngetikkan nama domain tersebut dan bisa kembali menggunakannya. 

Saat tulisan ini saya publish usia domain www.mochadnan.com adalah berusia 2 bulan, padahal beberapa artikel saya ada yang sudah tayang dari tahun 2014. Itu terjadi karena cerita Ngeblognya moch adnan blog memang harus seperti ini. Terakhir... Tetap menulis terus berbagi, sukses selalu buat sobat semua