Moch Adnan 19 Juli 2023
Moch Adnan Blog - Ujung tombak perusahaan yang terjun langsung kelapangan guna menawarkan produk, melakukan transaksi dan menjaga hubungan  baik dengan pelanggan. 

Apakah sulit menjadi seorang salesman? Tidak. Asalkan ada  kemauan serta bisa menguasai produk knowledge dari produk yang ditawarkan maka orang itu sudah bisa menjadi seorang salesman. 
Bisakah Saya Menjadi Salesman

Bisakah Saya Menjadi Salesman

Salesman adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang, yang diberi pelatihan secara profesional dan kompeten untuk memberikan pelayanan berkualitas. Dalam hal ini berkaitan dengan penjualan produk.


Namun, jika kita telusuri lebih dalam lagi tidak sedikit dari para salesman ini yang pada akhirnya menyerah dan melepaskan tugasnya menjadi seorang salesman. 

Hal ini bisa dikarenakan tidak terpenuhinya sebuah target atau pencapaian dari yang sudah ditentukan oleh perusahaan atau dikarenakan begitu 'banyaknya' pemikiran negatif yang pada akhirnya membuat langkah menjadi stagnan. 

Dianjurkan memiliki pola pemikiran bahwa menjadi salesman itu mudah, memiliki kemauan kuat untuk belajar, tidak mudah menyerah. 

Permasalahan  di lapangan. 


Yang menjadi kendala bisa saja muncul dari segi harga, diskon/potongan yang jika dibandingkan dengan kompetitor relarif lebih murah. Untuk mengatasi ini seorang salesman bisa menegosiasikan dengan sales supervisor nya dan biasanya akan ada pemberian diskon lebih jika dinilai pelanggan tersebut memang kompeten. 

Percaya diri (PD) 

Kepercayaan diri bukanlah nomor satu untuk menggeluti bidang ini. Namun, dengan kepercayaan diri "yang tinggi" bukan mustahil nantinya penyampaian produk yang ditawarkan bisa sampai ke pelanggan. 
Mengapa demikian? 
Jelas, jika salesman adalah seorang pemalu atau kurang percaya diri maka tidak akan ada kata penawaran kepada pelanggan. 

Selain itu diperlukan ketekunan serta keuletan, bukan tidak mungkin penawaran pertama seorang salesman bisa langsung di Terima oleh pelanggan. Diperlukan follow up dan pendekatan secara menerus agar goal akhir yang diharapkan adalah open order dari si pelanggan. 

Penutup

Pada garis besarnya semua orang bisa menjadi salesman, bisa melakukan yang namanya penjualan. Tapi seperti yang dikutip pada atas tulisan artikel ini, jika orang itu tidak memiliki keahlian, skil, profesionalisme dan tidak bisa memberikan pelayanan berkualitas pada pelanggan maka pada akhirnya salesman itu akan menggantung jadwal kunjungannya.