25.5.18

Amalan - amalan Sebelum dan Sesudah SHUBUH Di Bulan Ramadhan

Amalan - amalan Sebelum dan Sesudah SHUBUH Di Bulan Ramadhan
Amalan - amalan Sebelum dan Sesudah SHUBUH Di Bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum wrb... Al-hamdulillah segala puji kita haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan umur panjang serta nikmat sehat hingga hari ini kita bisa dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan. Bulan yang penuh keberkahan dan Ampunan, dan semoga kita semua diberikan kekuatan hingga akhir Ramadhan nanti untuk tetap terus menjalankan ibadah saum ini.

Sobat Moch Adnan Blog yang budiman, beberapa hari yang lalu tanpa disengaja saya menemukan sebuah artikel yang sangat menarik dimana dalam artikel tersebut dijelaskan mengenai Amalan - amalan apa saja yang hendaknya kita lakukan ketika sebelum dan setelah waktu Shubuh di bulan Ramadhan ini. Semoga dengan menuliskannya kembali disini menjadi sebuah pencerahan bagi kita semua.

Ada sekitar 11 poin amalan yang dapat kita lakukan mulai ketika sebelum datangnya waktu Shalat Shubuh hingga setelahnya, dan 11 poin Amalan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1- Mengerjakan Sholat Tahajud.
Rosullah saw bersabda: "Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari." (H.R Muslim)

2- Setelah Shalat Tahajud adalah makan Sahur, dan mengakhirkannya menjelang Shubuh.
Hal ini sesuai sabda Rasullah SAW yang berbunyi: "Bersahurlah kalian, karena didalamnya ada keberkahan" (HR. Bukhori dan Muslim).
Rosullah saw juga bersabda: "Umatku senantiasa dalam keadaan kebaikan selama mereka mengakhirkan syahur dan menyegerakan berbuka puasa" (HR.Ahmad).

Baca juga : Hikmah Dari Berpuasa

3- Memperbanyak Istighfar di waktu sahur.
Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat adz-dzariyat [56]:18 yang artinya:
" Pada waktu sahur mereka, yakni orang yang beriman, mengucapkan Istighfar".

4- Memperbanyak do'a waktu sahur.
Rosullah saw bersabda: "Robb kita Tabaroka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia (Allah) berfirman, Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan aku beri..." (HR. Bukhori dan Muslim).

5- Bersiap - siap untuk sholat Shubuh.

6- Berwudhu di rumah, kemudian membaca Dzikir setelah wudhu.

7- Menjawab lafazd adzan lalu berdo'a setelahnya.

8- Melaksanakan shalat sunah Qobliyah shubuh.
Hal ini sebagaimana Rosullullah SAW bersabda: "Sholat sunah dua rakaat sebelum shalat shubuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya" (HR. Muslim)

9- Berusaha menempati barisan pertama dalam shalat berjamaah.
Rosulullah saw bersabda:
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat  kepada orang-orang di shaf pertama, atau di beberapa shaf yang awal" (HR. Ahmad)

10- Menyibukkan diri dengan Dzikir dan doa sampai waktu Iqomah dikumandangkan.

11 - Mengerjakan shalat shubuh dan setelah itu duduk di mesjid untuk berdzikir dan membaca Al quran hingga terbitnya matahari.
Kemudian shalat dua rakaat kira-kira seperempat jam setelah terbitnya matahari. Rosulullah saw bersabda : "Barang siapa yang mengerjakan shalat shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir mengingat Allah hingga terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka ia mendapatkan pahala haji dan umroh secara sempurnasempurna. Rosulullah saw mengulanginya sebanyak 3 kali" (HR. At- Tirmidzi).

Kurang lebih seperti inilah amalan yang hendaknya seorang muslim lakukan mulai dari waktu sahur hingga pagi hari. Wallahu a'lam.
Semoga kita semua diberikan kekuatan

Sumber: https://youtu.be/gh6x9PhLIpk




→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Amalan - amalan Sebelum dan Sesudah SHUBUH Di Bulan Ramadhan . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan be
Buka Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar

 
Kesabaran dan ketawakalan adalah minyak pelumas bagi roda kehidupan
-Brown