30.8.16

Cara Menyimpan File HTML atau CSS, Ke Firebase

Cara Menyimpan File HTML atau CSS, Ke Firebase
Layanan Google drive dihentikan? Setelah beberapa waktu yang lalu Google code resmi dihapus, kini giliran google drive yang akan dihentikan layanannya. Hal ini sesuai dengan isi email yang saya terima langsung dari pihak Google, bahwa per September 2016 layanan google drive akan dihapus. 

Dan sebagai opsi dipilihlah Blogger dan Firebase sebagai penggantinya, saya sendiri memilih firebase. Karena fitur-fiturnya lebih mudah bagi saya pribadi.

Sempat juga beberapa kode HTML serta CSS saya simpan ke Github ketika pertama kali Google code dihapus, dan dapat sobat baca selengkapnya dalam artikel saya yang berjudul: Cara menyimpan kode HTML ke Github.

Penting sekali agar beberapa kode HTML yang berada dalam template web, sobat simpan di firebase atau github. Hal tersebut bertujuan agar 'Loading' blog tidak terlalu berat, saat diakses. Ok, langsung saja berikut adalah cara menyimpan kode HTML atau CSS ke Firebase.

#1. Buka tautan link berikut firebase kemudian silahkan Login menggunakan akun Gmail sobat

Cara Menyimpan File HTML atau CSS, Ke Firebase

#2. Jika sudah berhasil masuk kedalam dasbor akun firebase, langkah selanjutnya silahkan pilih tombol 'Buat proyek baru'. Akan muncul sebuah jendela disini silahkan sobat isi nama proyek serta pilih Negara asal sobat. Dan lanjutkan dengan mengklik tombol 'Buat Proyek'

Cara Menyimpan File HTML atau CSS, Ke Firebase

#3. Selanjutnya silahkan pilih menu 'Storage' yang terdapat di sisi kiri layar, perhatikan gambar berikut

Cara Menyimpan File HTML atau CSS, Ke Firebase

#4. Akan muncul isian folder baru, disini silahkan untuk kembali mengetikkan nama judul folder. Hal ini bertujuan agar nantinya semua file tersusun sesuai judul folder serta masing-masing isinya. Jika sudah, lanjutkan dengan menekan nama folder yang baru saja sobat buat tadi, dan lanjutkan dengan menekan tombol 'upload' guna memulai proses penyimpanan.

#5. Setelah proses unggahan file selesai, maka langkah selanjutnya silahkan klik file yang baru saja selesai sobat upload tadi, maka akan keluar sebuah kotak di sisi kanan layar. Lanjutkan dengan memilih menu 'Lokasi file' dan klik 'URL unduhan' untuk mengcopy URL filenya.

Cara Menyimpan File HTML atau CSS, Ke Firebase

#6. Sampai disini semua proses penyimpanan file ke Firebase sudah selesai. Adapun cara mengaplikasikannya kedalam halaman web bisa sobat baca dalam artikel berikut : cara menyimpan kode HTML atau CSS ke Google drive.

Demikian saja, semoga bermanfaat ya sob. Selamat mencoba....

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Menyimpan File HTML atau CSS, Ke Firebase . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar