18.5.15

Cara Memantau Perkembangan Serta Kesehatan Situs/Blog di Blogger

Hallo sobat Netter, semoga hari ini sobat semua sedang dalam keadaan sehat wal'afiat serta tidak kurang satu apapun. Di hari yang membahagiakan ini saya ada sedikit ganjalan di hati, ketika melihat jumlah kunjungan visitor yang mengalami penurunan. Walau tidak banyak penurunannya, tapi tetap saja membuat saya bertanya-tanya. Gerangan apakah yang menyebabkan jumlah visitor blog ini mengalami penurunan?.
Saya pun mulai kasak-kusuk, klik sana-klik sini, buka ini-buka itu. Hingga akhirnya masuk ke dasbor webmaster, kenapa saya bisa sampai disana dan mengapa tidak terpikir sebelumnya, ternyata di google webmaster tools inilah seorang blogger bisa mengetahui mengenai kesehatan serta  perkembangan blog/webnya.

Maka, di hari yang membahagiakan ini pula saya akan berbagi tips bagaimana cara  memantau perkembangan serta kesehatan situs atau blog melalui dasbor webmaster tools yang telah disediakan langsung oleh Google. Sementara untuk cara memperbaiki segala kesalahan akibat yang terjadi dalam setiap laman, sobat bisa searching sendiri di mesin pencarian mengenai kesalahan serta hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki. Melalui google webmaster tools sekali lagi anda bisa memantau perkembangan serta kesehatan blog anda.

crawling situs
• Mulailah dengan melihat bagaimana hasil crawling situs anda,  kesalahan atau kerusakan apa yang telah terjadi. Disini biasanya ditandai dengan kesalahan 404 serta jumlah keseluruhannya. Kesalahan 404 adalah akibat suatu link yang rusak hingga laman yang dituju tidak dapat ditemukan. Bagaimana cara memeperbaikinya? Silahkan search di mesin pencarian dengan mengetikkan kata tsb.

International targeting

• International targeting biasanya di halaman ini terdapat kerusakan dimana 'Tag hreflang' tidak terpasang dalam template. Dengan mensetting International targeting, akan membawa dampak positif bagi perkembangan blog.
HTML Improvements

• HTML Improvements, dalam halaman ini biasanya terdapat kesalahan pada bagian Meta deskripsi, title tags, yang mana kesalahan tersebut berupa telah terjadinya duplikat, baik itu pada title tag, atau pun deskripsi blog.

Mungkin dari tiga jenis itu saja dahulu yang bisa saya tulis, mudah-mudahan dengan memperhatikan serta memperbaiki ke tiga halaman itu menjadikan blog kita lebih sering muncul di mesin pencarian. Dan sebaiknya agar lebih sering membuka dasbor google webmaster untuk terus memantau perkembangan blog atau status sitemap indek.  :D

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Memantau Perkembangan Serta Kesehatan Situs/Blog di Blogger . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar