26.2.15

Lindungi Akun Anda Dengan Verifikasi 2 Langkah

Verifikasi 2 langkah akun Google via telepon merupakan suatu langkah untuk memperkuat akun google anda dari tangan-tangan jahil yang ingin mencoba mencuri akun anda, dengan adanya cara ini maka kerahasiaan akun anda akan sangat terjaga, sehingga kemungkinan orang yang ingin coba membobol pun tidak akan semudah itu untuk mendapatkan akun anda. Karena,  secara otomatis mereka akan dihadapkan pada kenyataan bahwa mereka harus memasukkan sebuah kode yang diberikan langsung oleh pihak google melalui telepon, baik itu sms atau via suara. Cara ini lebih dikenal dengan verifikasi 2 langkah, dan baru-baru ini pun saya mendapati cara ini ternyata telah diterapkan pula oleh wordpress untuk blog gratisannya.
Lindungi Akun Anda Dengan Verifikasi 2 Langkah
Untuk membuat email baru baca posting berikut: Cara membuat e-mai di Google mail
Satu akun untuk seluruh aplikasi google, itulah semboyan baru dari google sendiri, maka bisa dibayangkan betapa rentannya jika akun anda berhasil di buka oleh pihak lain. Misalnya email anda di bobol maka secara otomatis aplikasi lainnya pun dapat dengan mudah dibuka, entah itu akun youtube, blogspot, dan aplikasi lainnya yang anda gunakan di google. Untuk itu saya sarankan agar anda menerapkan keamanan 2 langkah ini, guna memprotek akun google anda. Bagaimana cara mengaktifkan sistem verifikasi 2 langkah ini? berikut cara-caranya.
Gambar: Google.com

Lindungi Akun Anda Dengan Verifikasi 2 Langkah 

1-Buka tautan link berikut https://myaccount.google.com/
2-Kemudian pilih 'Verifikasi 2 langkah' dalam menu setelan akun.
3-Pilih 'Mulai penyiapan' untuk lanjut ke proses berikutnya.
4-Pada bagian ini anda harus melewati 4 tahapan yang sangat perlu anda perhatikan, yang mana untuk pertama kalinya, silahkan anda 'ketikkan nomor telepon anda' pada bagian 'set up your phone' dan jika anda sudah mengetikkan no telepon, selanjutnya klik 'Send code' dan ini merupakan tahap 1.
Jika anda menggunakan panggilan suara, maka pihak google akan menelpon dan anda cukup mendengarkan saja sambil mengetikkan sederet angka kedalam kolom yang tersedia dalam tahap 'Verify your phone' tersebut, jika sudah kemudian klik 'Verify' ini merupakan tahapan ke 2.
'Verification codes on this computer' maksudnya jika anda mempercayai komputer yang sedang anda gunakan ini adalah aman, maka silahkan centang kotak 'Trust this computer' dan lanjutkan dengan mengklik tombol 'Next' dan ini adalah tahap ke 3.
Selanjutnya ditahap ke 4 anda cukup mengklik tombol 'Confirm'  agar setelan verifikasi 2 langkah segera aktif dalam akun anda. Jika sudah mengklik tombol tersebut yang ada dalam tahapan 'Turn on 2-step verification' maka silahkan buka email anda, karena team google biasanya mengirimkan pemberitahuan kedalam alamat email bersangkutan.

Selamat!, kini verifikasi 2 langkah untuk melindungi akun anda pun sudah aktif. Silahkan ikuti link yang disediakan oleh google dalam email masuk tersebut, anda bisa melakukan settingan nomor telepon cadangan atau bahkan back up nomor cadangan jika sewaktu-waktu telepon Utama anda mengalami kerusakan.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Lindungi Akun Anda Dengan Verifikasi 2 Langkah . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar