Moch Adnan 25 Oktober 2023
Moch Adnan Blog - Hallo sobat berjumpa kembali dengan artikel blogging dari saya, dan kali ini saya hanya akan sekedar coba melengkapi atau sedikit menambahkan gagasan tentang cara menyisipkan video ke dalam postingan blog.

Jika masih mengalami kendala dimana video tidak tampil ketika artikel/postingan sudah dipublikasikan, sepertinya sobat memang harus membaca artikel ini. 
Cara Menyisipkan Video Ke Dalam Postingan Blog
 
Ada sedikit perbedaan kode entah itu berupa iframe atau embed, sehingga penampakan video malah di luar ekspektasi sobat.

Sekarang kita akan coba menelusuri dahulu, dari mana sumber video yang akan kita sisipkan tersebut. 


A. Video berasal dari rekaman 

Untuk menyisipkan video ke dalam postingan blog, melalui cara ini sobat tidak perlu repot lagi dengan mengunggah video tersebut ke situs video seperti YouTube. 

Cukup dengan meng-klik tombol sisipkan video yang berada dalam menu penulisan artikel maka video dari rekaman sobat sudah bisa langsung tersimpan dalam postingan.
Cara Menyisipkan Video Ke Dalam Postingan Blog


B. Video berasal dari YouTube

Jika sebelumnya sobat sudah mengunggah video terlebih dahulu ke situs YouTube maka, lupakan langkah di atas. Walaupun dalam menu penulisan memang tersedia fitur untuk menempelkan link video dari YouTube,namun saya sarankan untuk tidak melakukannya.

Saran saya sobat langsung mengunjungi situs YouTube dan ambil kode embed video sobat, dengan cara klik tombol bagikan lalu pilih embed video 
Cara Menyisipkan Video Ke Dalam Postingan Blog


Bagaimana jika 2 cara di atas tidak berhasil menampilkan video ketika artikel sudah dipublikasikan?

Jika cara A dan cara B diatas tidak membuahkan hasil, tidak perlu gusar, saya sendiri pernah mengalami kejadian ini. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka di bawah ini saya sediakan sebuah kode sebagai jawabannya

<iframe height="315" src="https://www.youtube.com/embed/OYKUxSaFJz0" width="100%"></iframe>

Yang perlu diperhatikan dalam susunan kode HTML diatas adalah sobat harus mengganti pada bagian kode yang saya warnai merah.

Ganti dengan URL video YouTube Sobat

Kesimpulan

Cara menyisipkan video ke dalam postingan blog memang tersedia berbagai pilihan, tidak menekankan hanya dengan melakukan cara yang saya share dalam artikel ini. 

Namun demikian jika kondisinya hampir menyamai dengan apa yang saya uraikan di atas, saya berani menjamin keberhasilannya. Lihat contoh artikel dengan sisipan video di dalamnya melalui link berikut :

Selamat mencoba.