Moch Adnan 24 Juni 2023
Hallo sob, pernah ketemu masalah seperti saya tidak? Dimana Situs/blog kita masuk ke dalam daftar hitam zen spamhaus. Dapat dari mana infonya sampai bisa tau jika situs/blog masuk kedalam daftar hitam spam haus? Terus bagaimana pula cara menyelesaikan issue bahwa blog kita masuk ke daftar hitam zein spam haus, mari sedikit saya cerita dan berbagi pengalaman blogging beberapa jam yang lalu ini. Notifnya seperti berikut:Situs Anda masuk daftar hitam oleh zen.spamhaus.org

Daftar Hitam Spamhaus

Baiklah, sebelum saya cerita dan berbagi pengalaman bloggingnya, di sesi ini saya ingin sedikit mengulas tentang daftar hitam oleh zen.spamhaus.org
Situs Masuk Daftar Hitam Spamhaus
Situs Masuk Daftar Hitam Spamhaus

Daftar Blok Spamhaus (SBL)

Daftar Blok Spamhaus (SBL), atau daftar hitam Spamhaus, adalah basis data alamat IP real-time yang diidentifikasi Spamhaus sebagai sumber spam sesuai dengan kriteria pencantumannya . Lebih khusus lagi, menurut kebijakan SBL, daftar tersebut mencakup IP yang mengirim email massal yang tidak diminta atau memaparkan target yang tidak disadari terhadap ancaman.
 
Ini buruk sob, jika situs/blog saya benar-benar masuk ke dalam daftar hitam ini. Tidak tau dari celah mana spammer ini masuk dan menyebabkan situs masuk daftar hitam Spamhaus, saya harus mencoba melakukan pengecekan.
 

Daftar Blokir Spamhaus

Daftar Blokir Spamhaus terkadang disebut sebagai daftar hitam Spamhaus, secara khusus berfokus pada semua aktivitas yang berkaitan dengan spam dan ancaman dunia maya, dan membantu melindungi lebih dari 3 miliar kotak surat pengguna . Tak perlu dikatakan, tidak ada yang mau berada di sisi buruk Daftar Blok Spamhaus.
 
Untungnya, jika sobat mengetahui bahwa situs/blognya ada terdaftar di daftar blokir ini, ada beberapa langkah yang dapat sobat ambil untuk memulihkan reputasi sumber daya tersebut. 

Langkah awal saya adalah melakukan pengecekan dengan memeriksa nama domain, dan hasilnya ... Good.
Situs Masuk Daftar Hitam Spamhaus
Domain aman


 
Tapi begitu saya melakukan pengecekan dengan menggunakan IP Adress disana barulah tercantum bahwa ada malware yang masuk menyelusup, ini screenshootnya sob.
Situs Masuk Daftar Hitam Spamhaus
Masuk daftar spamhaus

 
Warning!  Situs Anda masuk daftar hitam oleh zen.spamhaus.org.


Cerita ngeblog nya sampai disini dulu ya sob, lain kali di sambung lagi... Terus menulis tetap berbagi, sukses selalu buat sobat semua.