Moch Adnan 29 Juni 2023
Moch Adnan Blog - beberapa waktu yang lalu saya sempat mengalami gangguan pada formulir kontak blog ini, dimana pada waktu itu dari beberapa pengunjung blog tidak bisa mengirimkan pesan ke admin blog melalui halaman contact yang berada di blog ini.

Puter-puter cari solusi kesana kemari untuk men tuntaskan permasalahan hingga akhirnya menemukan tips bagus dari sebuah web, saya pun mencobanya dan hasilnya selesai sudah semua permasalahan pada bagian halaman contact form blog ini.
Mengatasi Error Pada Halaman Contact Form Di Blogger
Mengatasi Error Pada Halaman Contact Form Di Blogger

Error pada halaman contact form

Kerusakan pada halaman formulir kontak pada halaman blog biasanya ditandai dengan tidak berfungsinya tombol kirim/button submit.
Biasanya ditandai dengan tidak adanya indikasi lain setelah semua kotak formulir di isi. Halaman tidak berganti atau halaman tetap diam dan tidak berpindah kearah satu perubahan.

Catatan: formulir kontak yang di maksud adalah formulir kontak yang dibuat sendiri lewat kode CSS dan HTML, bukan formulir kontak bawaan blogger. 


  • Indikasi kerusakan

Menjadi suatu tanda adanya error pada formulir kontak yang sangat jelas adalah tidak adanya pemberitahuan pesan masuk ke dalam mail list kita, sehingga ini sangat jelas menandakan bahwa formulir kontak memang benar-benar sudah tidak berfungsi.

  • Penyebab Kerusakan

Ada banyak faktor yang menyebabkan contact form dalam blog menjadi error dan kemudian sampai jadi tidak berfungsi, untuk di blogger sendiri dari beberapa artikel yang pernah saya baca dikarenakan adanya pergantian versi. Upgrade dari versi lama ke versi baru menyebabkan beberapa perubahan tatanan struktur pada pengkodean blogger, sehingga menjadi penyebab terjadinya error pada formulir.

Mengatasi kerusakan halaman formulir contact

Formulir kontak sangat berguna sekali keberadaannya dalam halaman sebuah blog, jika tidak secepatnya untuk memperbaiki kerusakan nantinya bisa menjadi penghalang dalam membangun komunikasi yang baik dengan pengunjung blog sobat sendiri. Oleh karena itu jangan menunda-nunda lagi segera perbaiki dan biarkan para pengunjung blog sobat kembali menghubungi dan berkomunikasi dengan Anda. Berikut beberapa solusi yang bisa sobat coba terapkan.

  • Menggunakan widget blogger

Secara default blogger sendiri melalui platformnya sudah menyediakan widget contact form. Namun itu dia, sudah bisa dipastikan formulir kontak ini akan tampil di tempat lain. Bukan pada halaman statis, yang artinya dia akan tampil pada sidebar atau pada daerah tertentu dimana widget itu ditambahkan.
Mengatasi Error Pada Halaman Contact Form Di Blogger
Widget Blogger
Masuk ke blogger > pilih Tata letak > lalu tambahkan widget > dan pilih tambahkan formulir kontak.

 

Tips! Selain cara diatas, sobat bisa membuat formulir kontak menggunakan google Drive atau google form.



  • Menggunakan layanan jasa pihak lain.

Ini sudah pernah saya bahas di artikel terdahulu saya, diantaranya tentang membuat formulir kontak via foxyform atau menggunakan jasa Google drive. Namun karena ada Tag iframe yang terpasang kedalam halaman formulir maka saya tidak menerapkannya ke dalam halaman formulir kontak blog ini, secara ilmu seo tag iframe tersebut membuat buruk rangking Seo score sebuah blog.

Jotform

Mengatasi Error Pada Halaman Contact Form Di Blogger
Jotform Google play store
Menggunakan layanan pihak ke 3 tidak ada salahnya menggunakan layanan gratis dari jotform, situs ini menawarkan jasa pembuatan formulir kontak secara free, namun hasilnya sangat baik untuk diterapkan ke dalam halaman blog.
Secara keseluruhan dengan saya menggunakan layanan dari jotform ini, formulir kontak blog ini sudah oke lagi. Sobat bisa mengeceknya dengan menekan menu contact pada halaman atas blog ini.

Penutup

Secara keseluruhan formulir kontak sangat bermanfaat sekali keberadaannya untuk sebuah blog, oleh karena itu agar secepatnya untuk memperbaiki halaman ini jika terjadi satu error atau kerusakan. Terlepas dari bagaimana cara sobat memperbaiki atau membuat sebuah contact form baru untuk blog nya, saya setuju dengan cara sobat. Demikianlah artikel cara Mengatasi Error Pada Halaman Contact Form Di Blogger untuk kali ini, lain waktu dan kesempatan kita sambung lagi dengan artikel lainnya. Sukses selalu buat sobat semua.. .