Moch Adnan 9 Juli 2015
Motor Gede atau Moge menurut kapasitas mesinnya terbagi menjadi 3 kelas yakni : Sportbike, Street Fighter, dan Cruiser.Untuk menandai atau mengetahui ketiga jenis tersebut kita bisa membedakannya dari segi kapasitas mesin, misal untuk kelas Sportbike biasanya cc motor dimulai dari 125cc hingga 750cc. Namun untuk lebih jelasnya berikut adalah uraiannya. 

1- SPORTBIKE.

Mengenal Jenis-jenis Motor Gede (MOGE)
Sportbike
Bila bicara soal harga pada kelas ini, ternyata sportbike termasuk jenis motor yang harganya amat bervariasi. Mulai dari puluhan juta hingga keangka yang bisa melewati angka Rp 1,6m Tentunya ini memberikan keleluasan para pecinta sportbike untuk memilih. Sesuai dengan namanya, sportbike memang lebih mengutamakan performa dibanding tampilan. Meskipun penampilannya menarik seperti kebanyakan moge lainnya,tenaga serta kecepatan yang dihasilkan jauh lebih special dibanding “jual tampang” belaka. Sangat handal dan juga stabil sa’at di kecepatan tinggi. Tetapi dari segi Kenyamanan mengendarainya jelas akan membuat badan selalu merunduk sehingga lebih cepat terasa pegal. Ada beberapa jenis Sport Bike bila dilihat dari besar CC-nya yakni : 125cc masuk ke dalam kategori Light sportbike. 400cc-600cc masuk dalam kategori Supersport. Dan 750cc-1000cc disebut sebagai Superbikes.

2 - STREET FIGHTER

Mengenal Jenis-jenis Motor Gede (MOGE)
Street fighter
Kuda besi di kelas ini adalah intinya motor dari kelas supersports dan superbikes tetapi tanpa menggunakan fairing serta hal lain yang membuat ciri kelas ini adalah mempunyai tenaga besar diputaran menengah. Umumnya di gemari oleh para biker yang menginginkan motor berperforma tinggi tetapi cukup nyaman untuk dipakai dijalan umum. Contoh-contoh motornya adalah : Aprilia tuono, Benelli TNT, Cagiva V raptor, Ducati monster, MV Agusta Brutalle dan KTM super Duke. Motor Street fighter memiliki mesin yang terlihat atau Naked bike, Kuda besi ini berperforma tinggi hingga tidak terlalu sering berpindah gigi, dan juga cukup ramah terhadap punggung si pengendara itu sendiri. Hehehehe…Kurang cocok juga untuk rider berbadan kecil, karena motor ini lebih tinggi dan juga berat terutama pada posisi sedang berhenti.

3- CRUISER- CHOPPER.

Mengenal Jenis-jenis Motor Gede (MOGE)
Cruiser
Motor CRUISER adalah motor touring yang identik dengan mesin 2 silinder, torsi mesin yang besar, dan posisi mengendarai yang lebih santai, nyaman, bila di gunakan untuk berkendara jarak jauh. Jenis motor ini yang lebih dominan beredar di Negara tercinta kita adalah Harley Davidson. Dengan kisaran harga antara 200juta hingga milyaran rupiah, terdapat beberapa pilihan seperti Softail, Road king, V-Rod, Ultraglide, Electra Glide, atau Nightster.

Demikianlah uraian ke tiga jenis motor Gede tersebut, semoga semakin memperkaya khasanah perartikelan dalam blog ini  :D