Moch Adnan 14 Maret 2024
Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Untuk Blog
Moch Adnan Blog - Hallo sobat Blogger, pada kesempatan dan kesempitan ini saya, akan memberikan sebuah panduan cara membuat form pendaftaran yang nantinya bisa sobat aplikasikan ke dalam halaman blog. Yang mana formulir ini bisa sobat buat dengan cuma-cuma alias gratis tanpa biaya sepeserpun namun tetap akurat ketika mendapatkan penerimaan datanya, dimana ketika seseorang mendaftar dan mengajukan diri untuk menjadi salah satu keanggotaan dalam bisnis online yang tengah anda kelola.

Demo


Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Untuk Blog

Ok, langsung saja buka tautan link berikut https://www.emailmeform.com/signup.html  dan lakukanlah Registrasi terlebih dahulu, buat akun anda di EmailMe Form.
Jika sudah selesai serta melakukan verifikasi akun, maka secara otomatis anda akan dibawa kedalam halaman seperti gambar berikut :

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Untuk Blog
Gambar Tahap 1

Klik 'Continue' maka anda akan dihadapkan pada sebuah pengeditan formulir, dan untuk memulai memberi Nama Formulir silahkan klik pada kolom yang bertuliskan 'Form Title'. Kemudian ketikkan Nama serta deskripsi form title, perhatikan gambar berikut:

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Untuk Blog
Gambar: Tahap 2

Untuk menambahkan seperti Nama, Alamat, No.Tlp serta lainnya kedalam formulir, Anda cukup menekan menu '+ Add Field' kemudian klik dan seret ke bilah kanan edit formulir, kemudian lakukan seperti pada langkah ke 2 yakni menekan tombol 'Field setting' setiap kali akan mengedit isi dalam formulir. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Untuk Blog
Gambar: Tahap 3

Jika dirasa formulir anda sudah selesai dan di rasa cukup, langkah selanjutnya klik tombol 'Save Form' maka akan terbuka sebuah jendela munculan, lanjutkan dengan mengklik 'Take me back to the form manager' dan anda akan dibawa ke halaman seperti gambar berikut.

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Untuk Blog
Gambar: Tahap 4

Di halaman Form manager ini Anda bisa melakukan editing pada form, melihat hasil ahir formulir dan beberapa fitur lainnya. Silahkan lanjutkan dengan memilih menu 'Code' guna anda simpan ke dalam halaman blog, Pilih jenis 'Embed Code' dan selanjutnya 'Copy' keseluruhan kode kedua dan simpan ke dalam halaman blog. Demikianlah cara membuat Formulir Online untuk blog serta bisnis online, selamat mencoba dan salam sukses slalu   :D

update : Buat sobat Riana Ali yang berkomentar "error terus di blogger" itu enggak betul, buktinya sudah saya lampirkan dalam postingan ini. saran saya di coba lagi pelan-pelan pasti berhasil koq. 
Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Untuk Blog
Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Untuk Blogs

Dalam halaman email me form, pilih 'code' lalu pilih 'social and CMS integration' dan pilih logo 'blogger' selanjutnya 'copy Dan pastekan' kode yang diberikan oleh email me form. 

Dalam dasbor blogger pilih 'halaman' buat halaman baru, ubah mode penulisan ke mode HTML, Dan pastekan' kode email me form. Lalu publikasikan.


*****