Moch Adnan 31 Agustus 2014
Tips Mengatasi HP Android  Yang Lemot
Handphone berbasis Android saat ini memang sudah sangat populer. Jika dulunya ponsel –ponsel ini identik dengan kalangan profesional tidak lagi dengan saat ini. Ponsel yang berbasis Android kini sudah sangat banyak digunakan mulai dari pebisnis hingga anak-anak sekolah. Kesan gaul jika memakai ponsel berbasis Android mungkin menjadi alasan utama banyaknya ponsel berbasis ini di masyarakat.

Namun yang kadang tidak disadari adalah ponsel berbasis android ini juga memiliki keterbatasan, terutama dalam penggunaan memory. Sehingga jika digunakan secara terus menerus misalnya BBM, email, Instagram dan Facebok atau Twitteran yang selalu online semakin lama akan membuat performa handphone menjadi semakin lemot. Untuk mengatasi hal tersebut berikut beberapa tips yang bisa dicoba

Baca juga:

1. Hanya instal aplikasi yang penting
Aplikasi yang terlalu banyak maupun theme yang terlalu banyak pilihan juga akan membebani memori. Periksa kembali aplikasi-aplikasi yang terinstal pada android Anda. Hapuslah aplikasi yang tidak terlalu diperlukan atau jarang digunakan.

2. Batasilah bergabung dalam Group BBM
Group BBM merupakan salah satu yang meyebabkan semakin menumpuknya “sampah” di Android Anda. Hendaknya Anda lebih bijak dalam memilih untuk bergabung dengan grup BBM, karena teman-teman kita juga bisa langsung dihubungi melalui BBM pribadi.

3. Hapuslah email yang tidak dibutuhkan
Email juga menjadi salah satu penyumbang terbesar yang mengakibatkan performa handphone Android anda menjadi lemot. Karena email yang semakin banyak juga akan semakin memperberat kinerja memori. Apalagi jika email tersebut berisi file attachment yang ukurannya cukup besar.

4. Secara rutiin bersihkan log yang tersimpan pada Hp Android anda.

5. Hapus memori cache yang ada di browser
Masuk ke browser kemudian pilih Menu -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history

6. Secara rutin bersihkanlah memory.

7. Gunakanlah memori eksternal secara maksimal.
Simpan file-file foto,musik, video maupun file-file lainnya di memory eksternal.

8. Reset ponsel Android Anda.

Demikianlah Tips mengatasi agar handphone Android anda tidak menjadi lemot, namun jika cara diatas masih tidak memberi efek terhadap loading serta kecepatan handphone, bisa jadi terdapat kerusakan lain yang disebabkan oleh factor lain. Semisal virus.