Moch Adnan 2 Juni 2023
Varikokel Ganggu Kesuburan Pria
Blog Moch Adnan - Penyakit ini tidak mengganggu fungsi seksual pria , tetapi membuat sulit untuk memiliki anak . Varikokel adalah pelebaran istilah untuk peristiwa yang tidak vena normal, pelebaran pembuluh darah terjadi karena basis posisi anatomis meninggalkan testis di perut yang koneksi berada tegak lurus . Posisi ini menyebabkan peningkatan tekanan dalam pembuluh darah dan ada pelebaran pembuluh darah .

Varikokel Ganggu Kesuburan Pria

Sejarah dari proses penyakit ini mirip dengan varises di kaki , tapi varikokel , pembuluh darah di dasar tas dibungkus testis , sedangkan kaki varises adalah pelebaran di kaki belaka . Tanpa tas dibungkus . Sebagian besar ditemukan di testis varikokel kiri. Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi di kedua belah pihak . Kecenderungan terjadi karena sisi kiri anatomi , vena kiri jauh lebih tegak dari sisi kanan . Selain itu, sisi kiri pembuluh darah memiliki jalan panjang untuk memimpin pembuluh darah dari sisi kanan .

Karena itu tersembunyi , maka kejadian varikokel biasanya pertama kali diperhatikan oleh manusia itu sendiri . Karakteristik , salah satu basis membesar penis dan teraba sebagai cacing besar . Kadang-kadang tidak dirawat oleh pasien . Pria dengan varikokel pada awalnya tidak bisa menemukan tanda-tanda spesifik dan juga tidak merasakan keluhan apapun . Namun, ada juga perasaan ketidaknyamanan dalam bentuk rasa sakit dan berat pada sisi di mana ada varikokel .

Rasa sakit saat setelah latihan berat atau setelah berdiri cukup lama , jika pasien mengambil posisi tidur , merasa berat badan akan hilang . Sebenarnya varikokel dapat diketahui melalui palpasi hati-hati, pembuluh darah menonjol akan merasa dan berkelok-kelok di dasar penis . Beberapa pria berpikir mungkin itu pembuluh darah di testis jarang terjadi . Pada kondisi yang sudah cukup parah , dapat varikokel tampak jelas ketika ia berdiri . Di dasar buah zakarnya terlihat bengkak dan terasa ketika disentuh seperti ada 'roll ' pembuluh darah tidak teratur . Selain itu, ada juga keluhan nyeri di sekitar organ reproduksi .

Kadang-kadang melalui kesulitan pemeriksaan langsung mencari dokter varikokel intermiten skrotum kantong belakang . Yang pasti , kadang-kadang diperlukan pemeriksaan tambahan menggunakan doppler stetoskop , dan doppler USG Collor .

Kemampuan seksual .

Sampai saat ini dasar varikokel tidak diketahui , beberapa faktor dapat dianggap sebagai pemicu . Faktor genetik , yang paling ditakuti , penyakit ini akan mengganggu proses pembentukan sperma di dalam testis . Tanpa kualitas sperma , reproduksi akan berlangsung sulit. Satu teori mengapa varikokel mengganggu proses pembentukan sperma adalah pelebaran pembuluh darah menyebabkan peningkatan suhu skrotum . Dan idealnya , suhu testis 1-2 derajat di bawah suhu tubuh .

Teori lain menyebutkan , hambatan aliran darah karena penyebab varikokel belakang testis yang berperan dalam proses kesuburan pria kekurangan oksigen . Akibatnya tidak terbentuk sperma . Setelah teori , pencampuran metabolisme ginjal sisa kelenjar adrenal dan testis ke dalam proses merusak spermatogenesis .

Jelas, kehadiran varikokel akan menjadi hambatan bagi proses pembuahan telur oleh sperma . Akibatnya , pasangan tidak hamil . Untungnya , varikokel tidak mengganggu kemampuan seksual laki-laki , hanya saja , semua yang penting adalah hasilnya .

Varikokel umumnya diobati dengan pembedahan , sebelum memulai operasi, dokter akan pastikan terlebih dahulu seberapa besar pengaruh verikokel ini untuk kesuburan yang bersangkutan. Ada 4 indikasi bedah adalah ketika kualitas sperma terganggu, rasa sakit itu sangat mengganggu , indikasi kosmetik , dan kegagalan testis untuk tumbuh . Tujuan utama operasi adalah untuk mencegah kemandulan . Mungkin cara ini dapat dianggap sebagai satu-satunya penyelesaian langkah , mungkin .