Moch Adnan 20 Mei 2013
Salam blogger...
Tulisan ini sekedar berbagi pengalaman saja, karena saya yakin kejadian yang mengganggu loading komputer ini serta cara mengatasinya sudah banyak blogger lain yang mempostingnya. Namun jika Anda kini tengah kebetulan membaca tulisan cara mengatasi chkdisck pada windows xp ini, saya berharap semoga saja artikel ini bisa membantu mengatasi permasalahan chkdisck dalam komputer anda.
Cara Mengatasi chkdisck Windows Xp
Screenshot 1


seperti yang terlihat dalam gambar di atas, chkdisck tersebut akan selalu tampil tatkala komputer kita nyalakan. dan memang hal tersebut akan memakan waktu hingga loading komputer terasa lebih lama, supaya tampilan gambar diatas hilang dan tidak nongol-nongol lagi ketika anda menstart-up komputer, berikut adalah cara mengatasinya

  • klik start >pilih Run >Ketik cmd (tanpa menggunakan garis bawah) >kemudian tekan Enter.

  • Ketik “fsutil dirty query" kemudian tekan Enter. Misal drive yg bermasalah adalah drive C, maka penulisannya menjadi fsutil dirty query C: atau D:, tergantung drive mana yang bermasalah. Biarkan beberapa saat sampai ada pemberitahuan. 
Cara Mengatasi chkdisck Windows Xp
Screenshot 2

  • Gambar di atas tertulis Volume – C: is NOT Dirty. Jika tertulis Dirty atau kotor, anda harus melakukan pembersihan pada drive tersebut. 

  • Cara pembersihannya masih dalam jendela command prompt. Ketik “chkdsk C: /f /x” (tanpa tanda petik), perintah /x digunakan hanya jika sistem anda menggunakan NTFS. Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai. 
Lakukan Restart pada komputer dan lihat hasilnya. Jika proses yg anda lakukan benar, maka disk checking pada saat startup pasti tidak akan muncul lagi. Jika gagal juga dan tak membawa perubahan sama sekali, itu bisa menjadi sebuah pertanda jika hard disk anda sudah mulai minta pensiun. silahkan back-up semua data-data penting, lalu format ulang hard disk. dengan catatan anda memang sudah tidak membutuhkan data-data yang ada didalamnya.