Moch Adnan 3 April 2015
Cara Mengirim Atau Submit Sitemap Ke Google Webmaster
Cara Mengirim Atau Submit Sitemap Ke Google Webmaster 
SBagi sobat netter yang baru saja meningkatkan domain blogspotnya menjadi Top Level Domain (TLD) sangat dianjurkan sekali agar menyegerakan untuk melakukan submit atau pendaftaran ke Google webmaster tools, agar supaya keberadaan blog anda bisa secepatnya terindek di mesin pencarian. Dan sementara bagi sobat netter yang ingin atau baru berencara beralih ke TLD silahkan untuk coba membaca artikel kami sebelumnya yaitu tentang cara custom domain di blogger, semoga disana bisa mendapatkan info lengkapnya untuk beralih ke dalam top level domain.

Baik, saya anggap saja anda sudah medaftarkan situs anda tersebut, karena sebenarnya saya hanya ingin menggarisbawahi pada bagian cara mengirim peta situs ke google web master. Karena bagi seorang webmaster yang masih 'baru' dengan domain 'baru' terkadang cara mensubmit sitemap ini terjadi hal-hal seperti 'peta situs tidak terbaca' 'jenis sitemap tidak diketahui' atau apalah namanya yang erat hubungannya dengan kegagalan ketika mengirim peta situs. Untuk itu saya akan lebih memfokuskan pada pembahasan cara mengirim peta situs saja ke google web master, dengan lebih rinci agar mencapai kesuksesan secara menyeluruh.

Perlu di ingat sebelumnya, bahwa penulisan URL ketika pertama kali mendaftar ke google webmaster haruslah benar-benar sama.
 

Dalam arti anda harus memperhatikan penulisan http://www.namadomain.com atau hanya http://namadomain.com. tanpa menyertakan www. karena jika terjadi kesalahan pada bagian penulisan URL ini, akan mengakibatkan pengiriman sitemap tidak terbaca, serta jenisnya pun tidak diketahui. Jadi pastikan dulu penulisan url alamat situs anda sudah benar-benar sama ya. :D

Jika sudah, sekarang silahkan pergi ke dalam dasbor blog anda. Lalu pilih 'pengaturan' lalu 'Preferensi Penelusuran'. Pada bagian 'Pengalihan Khusus' silahkan klik 'Edit'

Cara Mengirim Atau Submit Sitemap Ke Google Webmaster
Maka akan terbuka pengaturan untuk Pengalihan khusus. Nah, selanjutnya pada bagian kolom 'Dari' silahkan isi saja dengan /sitemap.xml sementara pada bagian kolom 'Kepada' silahkan isi dengan /atom.xml lalu beri centang/ceklis pada kotak 'Permanen' dan terakhir klik 'Simpan' agar hasilnya bisa segera anda rasakan. perhatikan gambar untuk langkah lebih jelasnya.

Cara Mengirim Atau Submit Sitemap Ke Google Webmaster
Setelah selesai melakukan pengaturan di dalam dasbor blog, selanjutnya silahkan pergi ke 'Google webmaster' dan jika sudah berada didalamnya silahkan pilih menu 'Perayapan' lalu pilih 'Peta situs' Selanjutnya silahkan klik 'Tambahkan / Uji Peta situus' 

Pada bagian akhir nama URL blog anda silahkan tulis sitemap.xml kemudian klik tombol 'Mengirim peta situs'. Tunggu beberapa saat, lalu segarkan laman tadi, maka akan terlihat berapa banyak jumlah terkirim serta terindeks
Kembali saya ingatkan jumlah terkirim serta Terindeks tersebut, tentunya setelah menunggu beberapa saat setelah Google Bot merayapi situs anda.

Demikian saja cara mengirimkan sitemap/ Peta situs Ke Google Web master, semoga tulisan kali ini lebih lengkap dari sebelumnya dan bisa lebih bermanfaat untuk sobat Netter sekalian. Salam.!