MASIGNALPHAS2101
6241506638334725908

Cara Mengusir Kutu Beras

Cara Mengusir Kutu Beras
Add Comments
7/27/2020
Cara Mengusir Kutu Beras
Moch Adnan Blog - Beras yang tersimpan cukup lama bukan tidak mungkin akan dihinggapi oleh kutu, hal ini mungkin juga disebabkan oleh cara penyimpanan beras yang kurang tepat, sehingga kutu bisa leluasa menyerang kedalam karung dimana beras awalnya disimpan. Tanpa disadari tau-tau beras yang akan di masak sudah penuh dengan kutu dan membuat kita merasa jengah untuk mengolahnya menjadi nasi.

Baca juga : 

Kutu beras atau Sitophilus oryzae panjangnya hanya sekitar 3 mm, hama penyerang bahan makanan ini sangat cepat sekali berkembang biak oleh sebab itu dari beberapa puluh kutu yang ada dalam beras dalam satu bulan saja bisa menjadi beribu-ribu kutu. Jika kutu ini dibiarkan lebih lama lagi menyerang, bisa jadi beras akan berkurang dan hancur. Karena pada dasarnya hama ini akan melubangi setiap bulir beras dan menyimpan puluhan telur-telur kutu itu untuk selanjutnya bermetamorfosa.

Sebelum beras menjadi hancur dan tidak bisa digunakan ada baiknya melakukan pencegahan dengan cara memasukkan beras kedalam freezer. Cara ini akan membunuh semua larva atau telur serangga yang ada dalam karung beras. Menaruh daun salam atau cengkeh kedalam beras, juga menjadi salah satu solusi pencegahan awal agar beras tidak langsung mudah terserang hama kutu beras.

Cara Mengusir Kutu Beras


Lalu bagaimana jika beras sudah kadung terserang hama kutu beras? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusirnya. Salah satunya dengan menggunakan cabai kering, cabai kering bisa bermanfaat untuk mengusir kutu beras, cukup hanya menaburkan cabai kering kedalam beras kemudian biarkan beberapa waktu maka kutu-kutu beras tersebut akan pergi dengan sendirinya.

Selain itu juga, ada beberapa tips yang bisa dicobakan. Seperti dengan menggunakan bawang putih, menggunakan daun jeruk purut, atau menjemur langsung beras pada terik matahari (ditempat panas). Ada banyak cara untuk menghilangkan kutu beras, hanya membutuhkan sedikit kesabaran agar kutu beras yang mengganggu bisa menghilang dari beras.

Selama kondisi beras masih layak konsumsi dan tidak hancur serta berbau tidak sedap, cara cara diatas dapat ditempuh untuk menghilangkan kutu beras. Kembali ke awal tulisan diatas, sangat disarankan ketika pertama kali beras kita beli kemudian segera kita lakukan pencegahan agar beras tidak diserang oleh hama kutu beras, salahsatunya dengan memasukkannya kedalam freezer tersebut. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Asep saja

Putra ke-4 dari mantan Kepala RT kampung cai cinta, bercita-cita menjadi orang nomor satu di Google search