Moch Adnan 29 Mei 2016
Tips Berbuka Puasa Yang Baik Dan Benar

Berikut Tips cara berbuka puasa yang baik dan benar:


Do'a berbuka puasa:
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA
AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YA ARHAMAR ROOHIMIIN

Awalilah dengan memakan atau meminum yang manis.
Makanan yang mengandung gula sangat bermanfaat untuk meningkatkan tenaga dan juga mencegah asam lambung. Meskipun dianjurkan, konsumsi secukupnya saja agar makanan lain bisa larut juga ke dalam pencernaan.

Jangan langsung minum air dingin (es) Berbuka dengan minuman yang dingin hanya akan membuat perut yang kosong menjadi kembung. Karena air dingin akan membuat asam lambung meningkat. So, disarankan agar Anda untuk mengkonsumsi minuman hangat terlebih dahulu.

Istirahat sebentar sesudah menyantap takjil (manisan), sebaiknya jangan langsung makan nasi atau yang lainnya.
Perut butuh istirahat untuk menyesuaikan diri. Selama waktu istirahat, Anda bisa menjalankan shalat Maghrib terlebih dahulu barulah setelahnya makan nasi dan hidangan lainnya.

Jangan makan terlalu banyak Meski perut terasa lapar, tetap berbukalah dengan cara perlahan dan tidak berlebihan.
Makanlah makanan secukupnya agar tidak kekenyangan dan perut bisa lebih santai dalam mencerna makanan. Ini juga akan menghindari rasa kantuk saat shalat Isya. Jika lapar lagi, Anda bisa makan sehabis shalat Tarawih.


Sebaiknya jangan tidur terlalu malam. Tubuh butuh waktu yang cukup untuk tidur. Apalagi pada dini hari nanti, Anda akan kembali bangun untuk makan sahur.

Itulah Tips cara berbuka puasa yang baik dan benar. Jika ingin tubuh tetap sehat selama berpuasa di bulan Ramadhan, maka ikutilah cara itu dengan baik. Berbuka puasa bukanlah waktu untuk berbalas dendam. Balas dendam setelah seharian tidak makan, bukanlah sesuatu yang dibenarkan.

Gambar: http://www.tranzmedia.blogspot.com