Moch Adnan 10 Agustus 2015
Hallo sobat, bagaimana kabar hari senin ini? Saya do’a kan semoga hari ini menjadi hari yang terbaik ya buat sobat blogger semua. Oya, untuk kesempatan kali ini saya akan melanjutkan menulis tentang panduan membuat blog di Wordpress.com, dimana dalam artikel sebelumnya saya sudah juga menuliskan tentang cara menulis dan mempublikasikan postingan, mengganti header blog dengan gambar, serta merubah tampilan Gravatar pada blog WP.com.

Dan kali ini saya akan memberikan panduan cara menambahkan widget ke sidebar blog WP.com yang yang mana widget-widget dari wordpress ini sangat bervariasi bentuknya, anda bisa mengelola keseluruhan widget yang ada tersebut. Namun alangkah baiknya jika widget tersebut dikelola berdasarkan jenis kebutuhannya saja dengan blog Anda, sehingga penampilan blog Anda pun akan terlihat lebih cantik dan mudah dinavigasi.

Cara menambahkan widget ke sidebar halaman blog.

1}. Klik 'Situs Saya' lalu pilih menu 'Admin WP' akan terbuka dalam jendela baru.
Maka anda akan di bawa kedalam halaman Dasbor blog Anda. Arahkan kursor ke menu 'Tampilan' lalu klik 'Widget'.

Menambahkan Widget Ke Sidebar Halaman Blog
2). Klik pada 'widget' yang ingin anda tambahkan dalam halaman 'Widget yang tersedia' maka akan terbuka sebuah laman pengaturan. Pilih dimana widget akan diletakkan, apakah di bilah sisi, Footer one, atau Font page one. dan lanjutkan dengan mengklik tombol"Tambahkan widget'
Menambahkan Widget Ke Sidebar Halaman BlogMenambahkan Widget Ke Sidebar Halaman Blog



3}. Maka akan terbuka pengaturan widget, disini anda dapat merubah nama widget serta beberapa pengaturan lainnya yang ada dalam widget. Jika sudah kemudian klik 'Simpan' dan lanjutkan dengan memilih 'Tutup'.

Menambahkan Widget Ke Sidebar Halaman Blog

Sampai disini selesailah sudah cara menambahkan widget ke sidebar halaman blog, untuk melihat hasilnya silahkan arahkan kursor pada menu 'Situs saya' yang terdapat dipojok kiri atas layar, kemudian klik/pilih 'Lihat situs'. Selamat mencoba :D