Moch Adnan 22 April 2015
Cara Mendaftarkan Blog Ke Ask.com, Bing, Yahoo Dan Baidu
Moch Adnan Blog - Google memang adalah sebuah mesin pencarian yang besar, hampir segala produknya dikenal oleh banyak para pengguna internet. Namun, selain dari Google sebagai alat mesin yang kerap kali kita harapkan untuk mendatangkan visitor ke dalam web, saya kira tidak ada salahnya jika kita sebagai seorang webmaster untuk mempertimbangkan kembali keberadaan mesin pencarian selain Google.com. sebut saja seperti Ask.com, Bing, Yahoo, Baidu, dan MSN Live, ke 5 nama tadi juga mempunyai peranan yang bisa digunakan untuk mendatangkan visitor ke dalam situs kita.

Untuk itu, melalui tulisan ini saya ingin mengingatkan kembali bahwa kemungkinan besar itu masih ada, bahwa kenyataannya pengguna internet masih banyak yang menggunakan ke 5 nama Mesin pencarian tadi. Nah, agar situs kita bisa dirayapi dan terindeks oleh ke 5 mesin pencarian tersebut, (selain Google) maka kita harus mensubmit/mendaftarkan situs kita ke Ask.com, Bing, Yahoo, Baidu dan juga MSN Live.
Oya, untuk submit dan mendaftarkan sitemap ke Google anda bisa membaca artikel saya sebelumnya, yang berjudul: cara submit sitemap ke google webmaster
Oleh karena itulah disini saya tidak banyak membahas cara submit sitemap web ke google, karena saya sudah pernah membahasnya lebih terinci dalam artikel tersebut.

Lalu, bagaimana cara Submit / mendaftarkan situs kita ini agar terindek oleh ke 5 mesin pencarian diatas? Mudah saja, anda bisa menggunakan jasa Submit URL secara gratis/free atau juga mengunjungi langsung beberapa link yang saya lampirkan berikut ini. Nah, untuk menggunakan jasa submit situs secara gratis silahkan kunjungi link berikut:

Cara Mendaftarkan Blog Ke Ask.com, Bing, Yahoo Dan Baidu http://www.ongsono.com/submit_sitemap.htm
Jika sudah terbuka halaman link tersebut, langsung saja tinggal memasukkan alamat/ peta situs web sahabat. pertama bisa mencobanya dengan URL sitemap seperti berikut:

http://www.namadomainanda.com/sitemap.xml
http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml
http://namabloganda.blogspot.com/rss.xml

Lalu klik pada bagian 'Search Engine' maka akan terbuka beberapa pilihan nama mesin pencarian, atau jika mau anda bisa langsung memilih 'All search Engine' untuk langsung mensubmit situs anda ke seluruh mesin pencarian tersebut. Perhatikan gambar di sampng untuk lebih jelasnya.

  • Untuk Submit ke Bing dan Yahoo secara langsung silahkan ikuti link berikut, dan anda tinggal mengikuti anjuran yang disediakan oleh Bing/Yahoo. Berikut URL nya:
    http://bing.com/toolbox/submit-site-url
  • Untuk Submit ke Baidu secara langsung, buka link URL berikut. Dan ikuti pemberitahuan yang ada. Berikut URL nya:
    http://zhanzhang.baidu.com/sitesubmit/index
Demikianlah cara submit/mendaftarkan Blog ke Ask.com, Bing, Yahoo, dan Baidu. sebagai Info saja untuk submit ke Ask.com ternyata tidak bisa seperti dulu lagi, yakni dengan menempelkan URL sitemap situs ke menubar pencarian. Untuk itu sebagai penggantinya saya sarankan agar anda mencoba jasa submit URL via Ongsono.Com saja.   :D