Moch Adnan 12 Maret 2015
Beberapa Cara Menyimpan Iklan Kedalam Halaman Blog/ Web
Beberapa Cara Menyimpan Iklan Kedalam Halaman Blog/ Web
Beberapa cara menempatkan iklan ke dalam halaman situs sepertinya sudah sering kita ketahui dari berbagai artikel yang sudah terlebih dulu diposting oleh para master blogger, disini saya hanya sekedar coba merangkumnya kembali mengenai cara menyimpan atau menempatkan iklan-iklan tersebut agar tersimpan strategis dalam halaman situs atau web anda.

Ada empat cara yang akan coba saya rangkum dalam menyimpan iklan tersebut agar bisa tampil strategis dan diharapkan dapat menghasilkan klik yamg melimpah, diantaranya yakni di sidebar, di bawah judul postingan atau bawah postingan (artikel), serta di tengah postingan atau berada tepat di tengah-tengah artikel web. 

Dan tanpa berpanjang lebar lagi mari langsung saja kita ulas satu persatu cara menempatkan (menyimpan) iklan-iklan tersebut.

1. Cara menyimpan iklan ke dalam sidebar

Agar iklan bisa tersimpan di sidebar (bilah sisi) caranya adalah dengan masuk kedalam dasbor blog, lalu pilih ‘tata letak’ pilih ‘Add a gadget/menambahkan gadget’ pilih ‘HTML/JavaScript’ kemudian simpan kode iklan kedalamnya dan klik simpan.

Catatan : untuk cara ke satu ini anda tidak perlu memparse kode terlebih dahulu, artinya anda bisa langsung menyimpannya ke dalam gadget HTML tersebut. Dan tentunya setelah anda membuat iklannya terlebih dahulu, baca cara membuat iklan baru di google adsen

Nah, sebelum saya melanjutkan pada cara ke 2 dan ke 3, tentang menyimpan iklan kedalam halaman web/blog, saya akan sedikit memberikan Tips. 

Yang mana tips ini bisa anda gunakan untuk memback up keseluruhan kode template web anda, agar ketika terjadi error saat melakukan pengeditan, anda bisa mengembalikan tampilan awal web anda.

Setelah berada dalam halaman pengeditan HTML silahkan klik pada sembarang kode, kemudian tekan ‘CTRL+A’ dan jika keseluruhan kode sudah terborder, selanjutnya tekan ‘CTRL+C’. 

sekarang silahkan buka ‘Notepad’ dan pastekan kode tersebut,

 
cara ini berguna sebagai salah satu cara untuk memback up keseluruhan kode template.

Jika sudah mari kita berlanjut pada cara selanjutnya :D

2. Cara menyimpan iklan di bawah judul dan atau di bawah postingan artikel

Untuk metode ke 2 ini, yang harus anda lakukan adalah pergi kedalam dasbor blog, lalu pilih ‘Template’ pilih ‘Edit HTML’ kemudian cari kode seperti berikut<data:post.body/>
gunakan pencarian cepat dengan menekan ‘CTRL + F’ kemudian simpan kode iklan yang telah anda parse sebelumnya tepat diatas kode <data:post.body/>

Catatan : pengerjaan diatas akan menghasilkan sebuah iklan yang tersimpan tepat dibawah judul postingan artikel.

Sementara untuk menyimpan atau memunculkan iklan berada di bawah postingan atau setelah artikel, anda hanya cukup merubah cara penyimpanan kode tersebut. Jika sebelumnya anda menyimpan kode iklan tepat di atas kode <data:post.body/> maka sekarang ubah cara penyimpanannya menjadi tepat di bawah kode <data:post.body/>
Mudah bukan? Klik simpan.

3. Cara menyimpan iklan agar berada di tengah-tengah artikel (postingan)

Untuk cara ke 3 ini kita akan menampilkan iklan tepat berada di tenagh-tengah artikel, untuk itu silahkan cari kode <data:post.body/> dalam template web anda, dan jika sudah menemukannya silahkan hapus salah satu kode tersebut dan ganti menggunakan kode berikut ini.

<div expr:id='"ads1" + data:post.id'/>
<div style='clear:both; margin:15px 0'>
IKLAN ANDA YG SUDAH TERPARSE SIMPAN DISINI
</div>
<div expr:id='"ads2" + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById("ads1<data:post.id/>");
var obj1=document.getElementById("ads2<data:post.id/>");
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(" ");
if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}
</script>
Catatan : Sisipkan kode iklan yang telah anda parse sebelumnya, dalam tulisan yang sengaja saya warnai merah dalam kode diatas.

Klik simpan.

Pesan saya, jika anda mengalami kerusakan pada template akibat pengeditan tersebut, anda bisa langsung membuang atau menghapus semua kode template yang ada dan menggantinya dengan kode awal template yang sebelumnya sudah anda simpan dalam Notepad. Sekian semoga bermanfaat :D