Moch Adnan 5 Oktober 2014
Cara Membuat Widget Kotak Pencarian Custom Search Engine
Cara Membuat Widget Kotak Pencarian Custom Search Engine 
Mengumpulkan pengalaman selama membuat kotak pencarian Google Adsen atau Custom Search Engine (CSE) membuat saya tak ingin kehilangan apa-apa yang pernah saya alami selama prosess tersebut, karena itu pula akhirnya saya coba mengumpulkan dan merangkumnya dalam tulisan ini. 

Yaaa.. semoga saja kenangan awal percobaan saya dalam membuat widget Custom Search Engine ini tidak begitu saja terlupakan, karena terkadang jika tidak dituliskan ‘sesuatu’ itu bisa saja dengan mudah menghilang atau terlupakan. 

Sambil tetap menjaga ingatan ini, saya juga berharap semoga saja tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin atau tengah mencoba membuat sebuah widget Custom search Engine untuk blog-nya.

Dari yang pernah saya baca dari blog-blog para master Adsense, disana dijelaskan. Bahwa dengan menempatkan kotak pencarian Google adsen (CSE) maka seorang admin blog akan mendapatkan keuntungan dari klik yang terjadi melalui kotak Google pencarian kustom ini

Dengan catatan saya harus sudah terdaftar sebagai publisher Google adsense (GA). Maka selagi masih disetujui, dan belum melakukan pelanggaran, saya putuskan untuk mencoba menyimpannya dalam blog ini.

Ok, berikut ini adalah cara membuat widget Custom Search Engine untuk blogger. Saya akan mencoba menjelaskannya secara step by step hingga widget CSE ini terpasang dalam halaman blogger. 

Cara membuat widget Custom Search Engine untuk blogger

Namun sebelumnya silahkan buat terlebih dahulu sebuah halaman baru dengan cara masuk kedalam dasbor blog, pilih ‘Laman >> Buat Laman Baru >> Terbitkan.  ☺

Membuat Widget Kotak Pencarian Custom Search Engine

Pertama, silahkan ‘Login’ kedalam Google Adsen dengan menggunakan E-mail serta password yang valid. 

Dan setelah berada dalam dasbor Adsense selanjutnya pilih menu ‘My Ads’ lalu klik ‘Other Products’ dan lanjutkan dengan memilih ‘Search’. Untuk membuat sebuah custom search engine baru, maka silahkan klik saja tombol ‘Add New Custom Search Engine’

Kedua, silahkan mulai membuat kotak pencarian google adsen yakni dengan mengisi data yang diperlukan mulai dari ‘Nama widget’ Menampilkan hasil pencarian situs anda dengan mengisikan alamat url situs anda. lalu pilih ‘Bahasa’ Pilih dan tentukan jenis kotak pencarian serta Jenis iklan yang akan tampil, dalam tahap ini usahakan agar hasil pencarian nantinya terbuka dalam halaman situs anda, bukan terbuka dalam halaman baru ataupun pop up windows. 

Jika sudah mengisi dan menentukan jenis-jenisnya semua, langkah selanjutnya silahkan klik tombol ‘Save and Get Code’

Ketiga dan ini adalah langkah terakhir untuk membuat widget CSE tersimpan dalam halaman blogger, copy dan pastekan terlebih dulu 2 buah kode yang tersedia tersebut kedalam sebuah ‘Notepad’ 

Cara memasang widget kotak pencarian custom search engine

Masuk kedalam dasbor blog, lalu pilih ‘Tata letak’ >>Gadget>>Add a gadget>> HTML/Javascript’. Simpan kode pertama (yang paling atas) kedalam widget HTML, dan klik ‘Save’.

Sementara kode kedua silahkan simpan kedalam sebuah halaman yang sebelumnya sudah anda buat dan anda publikasikan tersebut, lakukan pengeditan laman dan masukkan kode ke 2 ini kedalamnya. 

Jika sudah langsung saja klik’Perbarui Laman’ 

Nah, dengan demikian widget kotak pencarian CSE pun sudah duduk manis dan tersimpan dalam halaman blog. Sekian saja tutorial kali ini, selamat menikmati hari Anda.