Moch Adnan 25 Februari 2014
Cara Mengatur Tata Letak Serta Tampilan Blog Di Perancang Template Blogger
Moch Adnan Blog - Tulisan ini menyambung tulisan saya sebelumnya tentang cara membuat blog di blogspot, dan kali ini saya akan share tentang cara mengatur tata letak serta pengaturan tampilan blog. Agar setelah sebuah blog tercipta tampilan blog dapat anda sesuaikan dengan keinginan anda, baik itu dari segi lebarnya atau sekedar mengatur bilah kanan atau bilah kiri blog, dan mengatur background blog baik menggunakan gambar atau pun warna, serta mengatur kolom bagian footer blog. Baik, tanpa berpanjang lebar lagi langsung saja saya akan menginformasikan cara-cara pengaturan yang tadi sudah saya sebutkan diatas.

Masuk ke dalam dasbor blog lalu pilih 'template' kemudian pilih tombol 'sesuaikan' lihat gambar untuk lebih jelasnya.


Mengatur Tata Letak Serta Tampilan Blog Di Perancang Template Blogger
Maka anda akan di bawa kedalam dasbor perancang template blogger, seperti dalam gambar berikut. 

Mengatur Tata Letak Serta Tampilan Blog Di Perancang Template Blogger

Cara Mengatur Lebar Blog, Layout dan Background Blog Di Blogger


  • 1. Mengatur Lebar blog (Adjust Width)

Anda dapat merubah lebar blog sekaligus mengatur lebar kolom sidebar blog dengan cara menekan dan menggeser tombol pengaturan lebar blog, dalam dasbor perancang template blogger, pilih 'sesuaikan lebar' kemudian klik 'Terapkan ke blog' jika lebar blog sudah dirasa sesuai, untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut 


Mengatur Tata Letak Serta Tampilan Blog Di Perancang Template Blogger

  • 2. Merubah Tata letak Layout blog.
Ada beberapa pilihan layout yang bisa anda pilih, entah itu layout dengan left sidebar atau right sidebar juga memilih tata letak footer blog, dan cara melakukannya adalah dengan mengklik 'Tata Letak' dalam beranda 'perancang template Blogger' silahkan tentukan Layout blog anda kemudian klik 'terapkan kedalam blog' agar pengaturan anda tersimpan, perhatikan gambar di bawah ini. 

Mengatur Tata Letak Serta Tampilan Blog Di Perancang Template Blogger

  • 3. Merubah latar belakang atau background blog
Untuk merubah latar belakang blog baik ketika akan memberinya sebuah background berupa gambar atau warna, anda dapat melakukannya dengan cara mengklik menu 'Latar Belakang' dalam dasbor perancang template blogger ini. Kemudian klik 'gambar latar' untuk memilih gambar yang ada, dan klik 'tema warna utama' untuk menyesuaikan warna elemen tertentu, setelah selesai jangan lupa untuk mengklik 'terapkan ke dalam blog'. Lihat gambar.

Mengatur Tata Letak Serta Tampilan Blog Di Perancang Template Blogger

Sementara dengan mengklik menu 'Tingkat lanjut' anda akan dapat: merubah warna url link, menyesuaikan font serta besar kecilnya huruf, dan masih banyak lagi. Yang pastinya dengan memilih dan menerapkan pengaturan-pengaturan yang ada, anda akan diajak untuk bereksperimen dengan penampilan blog anda.

Klik 'kembali ke Blogger' jika semua pengaturan diatas sudah dirasa cukup. Dan kiranya sampai disini dulu tulisan tentang cara mengatur tata letak serta pengaturan penampilan blog di template default blogger, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekian!