Moch Adnan 23 Desember 2013
Wadah Alat Tulis Dari Tabung
Wadah Alat Tulis Dari Tabung 


Hand made : Wadah Alat Tulis Dari Tabung

Suka merasa sebal dengan kondisi meja kerja atau meja belajar anak yang berantakan akibat beberapa alat tulis yang bergeletakan tidak tertata rapi di meja tugas Anda? Tutorial berikut akan mengajak Anda untuk membuat sebuah wadah alat tulis yang nantinya bisa Anda letakkan di atas meja belajar anak agar kondisi meja lebih terlihat rapi. Dan tentunya semua peralatan tulis akan tersimpan rapi dan mudah dijangkau ketika membutuhkannya.

Cara membuat wadah alat tulis dari tabung, untuk membuat wadah ini diperlukan beberapa alat yang sederhana saja. Adapun alat yang diperlukan adalah.
  1. 1. Pisau potong
  2. 2. Gunting kertas
  3. 3. Penggaris siku
  4. 4. Penggaris besi
  5. 5. Pensil dan penghapus
  6. 6. Alat potong
  7. 7. Kuas
  8. 8. Penjepit
  9. 9. Alat penggosok

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat wadah alat tulis dari tabung adalah


  1. 1. Karton tebal
  2. 2. Lem kertas
  3. 3. Kertas
  4. 4. Tali
  5. 5. Tabung
  6. 6. Kertas samson atau kertas pelapis cokelat

Untuk tahap pembuatan wadah alat tulis dari tabung ini adalah pertama-tama, buatlah rancangan dalam bentuk gambar kerja yang terukur. Bagilah rancangan tersebut dalam tiga modul, yaitu tabung (modul 1), alas tabung (modul II), dan tali (modul III). Kemudian potong modul-modul tersebut secara tepat sesuai rancangan yang sudah dibuat dengan menggunakan pisau potong. Modul I dan II terbuat dari karton tebal. Lapisi bagian dalam modul I dengan kertas pelapis secara merata, kemudian gosok. Sisakan sedikit kertas pelapisnya untuk lipatan kearah luar. Buatlah modul I tersebut menjadi bentuk tabung dengan bantuan lem.


Wadah Alat Tulis Dari Tabung
Gambar 1

lapisi bagian luar tabung dengan kertas dengan cara seperti melapisi bagian dalam. Hanya saja sisa kertas pada bagian sisi atas dan bawah tabung digunting atau disayat secara merata.

Rekatkan dua buah modul II menjadi satu, lalu lapisi dengan kertas pada seluruh permukaannya.

Tempelkan permukaan bawah tabung pada bagian tengah permukaan atas alas. Penempelan harus kuat.

Hiasi wadah dengan tali secara berkeliling di bagian bawah tabung. Selain sebagai hiasan, tali tersebut pun dapat berfungsi untuk menutupi sambungan modul I dan modul II.

Beri hiasan bunga kering, gambar warna, tempelan kertas, dan lain-lain agar lebih menarik. Hasilnya dapat dilihat dalam gambar berikut


Selamat mencoba.