Moch Adnan 6 Agustus 2013
Cara Membuat Kenalpot Agar Bersuara Halus
Cara Membuat Kenalpot Agar Bersuara Halus


Banyak sekali yang tertarik menggunakan kenalpot free flow untuk meningkatkan kecepatan tenaga sepeda motornya, hanya saja banyak juga yang bingung bagaimana cara membuat kenalpot bersuara halus dan mulus alias tidak bising. Nah, ini yang butuh ilmu khusus agar bisa mencapai kedua tujuan tersebut, yaitu cara membuat motor bertenaga dan juga tetap mengedepankan kehalusan suara si kenalpot itu sendiri.

Ada 3 cara membuat kenalpot bersuara halus, yaitu dengan mulai dari membobok kenalpot, menganti leher kenalpot, dan menggunakan tutup moncong kenalpot. Ketiga cara tersebut selanjutnya akan kita coba ulas satu persatu secara singkat namun padat yah! dan berikut ini adalah masing-masing penjelasan ke tiga cara tersebut:




Cara Membuat Kenalpot Agar Bersuara Halus dengan Membobok Kenalpot

Istilah membobok kenalpot adalah cara menghilangkan sekat saringan di dalam silencer dengan jalan membedah bagian tersebut. Hal tersebut berfungsi baik pada aliran gas sisa hasil pembakaran bahan bakar motor. Hanya saja, wajib diketahui silencer yang telah dibedah dan bagian sekatnya diambil wajib dikembalikan seperti kondisi semula dengan tepat jangan sampai salah penempatannya.




Cara Membuat Kenalpot Agar Bersuara Halus dengan Mengganti Leher Kenalpot

Selesai membuang sekat-sekat pada silencer, step selanjutnya adalah mengganti pada bagian leher knalpot dengan pipa leher yang berukuran lebih besar, perlu diketahui pipa yang dimaksud ada dua macam. Pipa leher jenis ke-1 yaitu yang berada dan terhubung dengan blok mesin dipilih pipa dengan ukuran yang agak besar dibanding leher standar asli semula dari pabrikannya. Pipa jenis ke-2 adalah yang terhubung dengan silencer digunakan pipa yang berukuran agak besar dibanding pipa yang terhubung ke mesin motor.




Cara Membuat Kenalpot Agar Bersuara Halus dengan menggunakan tutup moncong kenalpot

Langkah selanjutnya adalah memasang tutup di bagian mulut knalpot. Namun, perlu diketahui bahwa tutup tersebut belum tertutup rapat tetapi masih terdapat lubang di bagian tengahnya. Kebanyakan tukang modifikasi knalpot membuat tutup kenalpot tersebut dengan berbagai aneka serta ragam bentuk. Ada yang mirip seperti wajah yang mana dibagian tengahnya dilubangi. Tapi, tidak sedikit di antaranya yang membentuk tutup tersebut berupa pipa tersusun dengan ukuran diameter yang bervariasi. Dengan tahapan Cara Membuat Kenalpot Agar Bersuara Halus di atas maka suara kenalpot tidak lagi mengelegar tapi ngebas halus dan menarik dipendengaran kita.