Moch Adnan 2 Agustus 2016
Tips Supaya Baterai Smartphone Lebih Awet, Tidak Cepat Drop
Tips Supaya Baterai Smartphone Lebih Awet
Menurut salah satu perusahaan baterai yang memiliki situs bernama Battery University atau Cades ini menjelaskan secara detil bagaimana baterai Lithium-ion (Li-ion) bekerja. 

Dan sejatinya, mengisi baterai hingga 100% adalah kesalahan dan tidak dibenarkan. Sayangnya, banyak orang kini salah kaprah dan beranggapan jika melakukan charging hingga 100% akan membuat baterai menjadi tahan lama alias awet.


Menurut Battery University lagi, mengisi baterai hingga 100% adalah perbuatan yang salah dan hanya akan membuat usia baterai menjadi lebih pendak dan cepat rusak alias drop. Jenis baterai Lithium-ion (Li-ion) sendiri ternyata begitu sangat sensitif terhadap stres, yang bisa mempengaruhi kandungan kimia dalam baterai. 

Dan ketika sudah terisi penuh 100% lalu anda tetap memaksa melakukan charging maka bahan kimia di dalam baterai akan mengalami stres sehingga hanya akan menimbulkan kerusakan.

Lalu langkah apa yang dapat diambil agar kondisi baterai tidak cepat rusak serta mengalami stres ?

Hal terbaik yang perlu dilakukan adalah segera cabut charger dari smartphone anda sesaat setelah terisi penuh dan jangan dipaksa charging hingga over charge. 

Tips lebih baik lagi adalah baterai jenis Li-ion ini tidak perlu di isi hingga 100%, cukup di isi dibawahnya sudah cukup baik dan akan membuat baterai anda lebih awet. 

Tips Supaya Baterai Smartphone Lebih Awet, Tidak Cepat Drop
Selain itu, isilah baterai ketika kondisi sudah 10% karena akan lebih baik dibandingkan mengisi daya ketika masih di posisi 40% atau bahkan diatas 50%.

Semoga bermanfaat. :D