20.5.16

5 Langkah Mudah Merawat Ban Kendaraan

5 Langkah Mudah Merawat Ban Kendaraan
Tips 5 langkah mudah merawat ban alias si karet bundar jika dilakukan secara rutin akan memberi kenyamanan kepada penggunanya ketika berkendara, baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Untuk itulah agar didapat sebuah kenyamanan maka perawatan patut dilakukan pada ban agar perjalanan pulang pergi kantor atau touring bersama komunitas berjalan lancar.

Ban yang berada pada roda kendaraan yang komponennya ini bersentuhan langsung dengan aspal jika dirawat diharapkan akan tetap memberikan kondisi terbaiknya, dan 5 langkah mudah merawat ban agar agak tetap awet adalah sebagai berikut.

1- Mencucinya.
Mencuci ban dengan air busa mampu menghilangkan kotoran yang dapat masuk ke sela-sela antara velg dan ban. Selain mengusir kotoran air busa dapat membantu kita mendeteksi kebocoran halus.


2- Cek ketebalan ban.
Ban yang sering digunakan tentu akan berpengaruh terhadap ketebalan ban itu sendiri, periksalah ban secara berkala setidaknya pada tiap akhir pekan misalnya. Ban yang sudah tipis atau gundul dapat mengakibatkan kendaraan sulit dikendalikan, terlebih pada saat hujan.


3- Periksa tekanan angin.
Dewasa ini memeriksa tekanan angin ban bukanlah perkara sulit, kita  bisa  mendatangi SPBU yang menyediakan alat pengukur dan penambah tekanan ban secara cuma-cuma. Bawalah kendaraan anda ke tempat tersebut dan pastikan ban memiliki tekanan yang sesuai dengan yang dianjurkan pabrikan.


4- Kencangkan penutup pentil.
Berkendara dengan ban tanpa penutup pentil dapat menyebabkan ban kekurangan tekanan. Oleh sebab itu, pastikan turup pentil dalam kondisi baik dan mampu menutup pentil secara maksimal.


5- Lakukan penyemiran.
Yang terakhir ini patut dilakukan secara berkala, karena selain mampu meningkatkan penampilan kendaraan juga bisa menjaga kondisi dan kelembabannya. Gunakan semir ban yang berbahan dasar air, salah satu ciri dari semir jenis ini adalah  tidak lengket.


Demikian saja tips merawat ban kendaraan dengan mudah. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel 5 Langkah Mudah Merawat Ban Kendaraan . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar