Moch Adnan 30 April 2016
5 Tips Meminimalkan Kesalahan saat Bekerja
Beberapa kesalahan saat bekerja misalnya lupa terhadap prosedur yang berlaku, menghilangkan file dalam komputer, atau lupa meletakkan dokumen penting. Hal seperti diatas bisa saja terjadi karena sistem kerja tidak sempurna, kurangnya koordinasi, konsentrasi yang terpecah dan apabila dibiarkan hal seperti ini akan menjadi kebiasaan yang buruk.


Sebagai manusia kita tidak mungkin luput dari kesalahan, termasuk dalam pekerjaan. Jika kesalahan itu terjadi sesekali mungkin masih bisa dimaklumi, sebab mungkin seseorang sudah mencapai batasnya. Namun, jika terlalu banyak kesalahan bisa jadi dikarenakan kecerobohan.

Berikut ini 5 tips cara menghindari kesalahan-kesalahan saat bekerja.


1- Perbaikilah sistem kerja kita menjadi lebih teratur. Sistem kerja yang rapi akan membuat kita terhindar dari kesalahan, coba buatlah sebuah agenda untuk mengurutkan prioritas kerja dari sejak masuk hingga pulang kerja.

Perbaikilah sistem kerja
Ilustrasi gambar : Shutterstock

2- Lakukanlah koordinasi dengan atasan dan rekan kerja apa lagi jika berada dalam satu tim, koordinasi ini mutlak harus dilakukan agar semua bisa saling mengetahui dan memahami tugas masing-masing dan tidak terjadi kesalahpahaman.

3- Berusahalah untuk selalu memperkaya kemampuan dan keterampilan serta berbagai macam literatur, bertanya kepada atasan dan rekan yang lebih senior juga bisa membuat kita menambah kemampuan bekerja. Jika sudah lebih mahir dan memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup, berbagai kesalahan itu dapat diantisipasi.

Lakukanlah koordinasi
Ilustrasi gambar : Shutterstock

4- Fokuskan pikiran hanya pada pekerjaan karena konsentrasi yang terpecah dipastikan sangat mengganggu kinerja sehingga kesalahan akan mudah terjadi. So, fokus.!

5- Cobalah untuk keluar dari Stres, karena bekerja ketika dalam keadaan stres menjadi salah satu penyebab terjadinya kesalahan. Apabila ada masalah yang mengganggu, sebaiknya selesaikan dulu masalah itu. Jika hati dan pikiran tenang, pekerjaan akan mudah diselesaikan.

Demikianlah 5 tips untuk meminimalkan kesalahan saat bekerja, moga bermanfaat dan menjadi pencerahan untuk kita lebih giat lagi dan lebih berkonsentrasi dalam bekerja.