14.3.16

Cara Mengatasi Download Error Di Play Store

Menjengkelkan memang ketika mendapati hasil download di play store ternyata malah error, padahal dengan kondisi koneksi yang lemot anda sabar menunggu eh....hasilnya malah tidak memuaskan alias malahan error (ora danta! Kalau urusannya seperti itu.)

Cara Mengatasi Download Error Di Play Store
Sekarang, saya akan coba memberikan beberapa cara mengatasi download error di play store, semoga dengan cara yang saya tuliskan di bawah ini dapat membantu sobat agar terhindar dari permasalahan seperti yang tertulis di atas. Langsung saja berikut cara yang bisa sobat ikuti:

Cara Mengatasi Download Error Di Play Store


1. Uji Koneksi
Jika sobat menggunakan internet dari koneksi WiFi, pastikan untuk memeriksa port TCP dan UDP nomor 5228 yang merupakan port untuk mengakses Play Store. Jika port tersebut ditutup, maka Anda tidak akan bisa melakukan proses download dari Play Store.

Bagaimana cara mengetahui apakah koneksi WiFi yang Anda pakai memblokir akses download dari playstore? Caranya cukup mudah, cukup coba saja mendownload aplikasi serupa melalui jaringan data operator. Jika jaringan WiFi tersebut tidak bisa dipakai untuk mendownload aplikasi dari Play Store, sedangan melalui jaringan operator bisa, maka sebaiknya Anda mencari hotspot lain.

2. Periksa Ketersediaan Space Kosong
Masuk ke SD Card & Phone Storage Periksa space kosong yang tersedia pada memori internal, dan pastikan space yang tersedia lebih besar daripada besar aplikasi yang akan di didownload.

3. Clear Data Cache
Masuk ke setting => Application => Manage Application => All, Cari Google Play Store kemudian Clear Data. Tekan Yes untuk melanjutkan. Kemudian sentuh clear cache dan tekan yes untuk mengonfirmasi Terakhir tekan uninstall updates dan pilih yes untuk melanjutkan.

4. Instal Ulang Google Play Store
Jika beberapa tips diatas masih belum bisa mengatasi masalah Anda, dan masih muncul pesan error ketika hendak mendownload, maka sebaiknya Anda lakukan tips ini. Silahkan coba instal ulang aplikasi Google Play Store, download apk Google Play Store melalui PC/Laptop, kemudian instal pada perangkat Android Anda.

Anda sudah melalukan 4 tips diatas dan masih belum bisa mendownload Di Play Store? Mungkin ponsel sobat perlu dilakukan Factory Reset.

Nah, untuk melakukan factory reset, silahkan baca artikel berikut: 
Cara reset settingan Android kebawaan pabrik. Sebagai catatan bahwa yang perlu  sobat perhatikan adalah, dengan factory reset ini maka semua data yang tersimpan dalam ponsel akan terhapus.

Moga bermanfa'at.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Mengatasi Download Error Di Play Store . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar