Moch Adnan 13 Desember 2015
Ada hal yang tak kalah penting untuk dilakukan juga oleh sebuah team penjualan, di luar tiap individu anggota teamnya tentang bagaimana memahami barang yang ditawarkannya baik dari segi spesifikasi maupun detail barang tersebut, atau bagaimana cara seorang salesman menawarkan produknya tersebut.  Nah, disini kita akan coba memberikan arahan tentang memperagakan Rolling play melalui satu team penjualan dimana dengan rutinnya menerapkan metode roll play ini diharapkan tiap sales dapat lebih terarah lagi pemasarannya. 

Rolling Play Untuk Mengasah Strategi PenjualanSumber gambar: http://photobucket.com
Baca juga Beberapa Tugas seorang Sales Supervisor yang pernah saya posting sebelumnya. Lanjut... Ambil waktu di pagi hari sebelum tiap anggota penjualan terjun kelapangan, sisakan sediķit waktu untuk memperaktekan metode rolling play ini, dimana ketika sedang terjadi percakapan dalam "permainan" roll play ini, anggota team yang lain ikut menyimak secara seksama.

Rolling play adalah ibarat sebuah kejadian nyata dimana bertemunya seorang sales dengan calon pembelinya, maka dalam melakukan rolling play dibutuhkan keseriusan. Tunjuklah dua orang anggota team dan perintahkan pada kedua anggota untuk menjadi seorang salesman dan satu lagi menjadi konsumen.

Setelah selesai 1 orang maka salesman yang lain memberikan komentar mengenai peragaan temannya. Minimal 2 peragaan setiap hari dan bergantian. Dengan demikian salesman akan dibekali :

  • SENJATA, 
  • AMUNISI, 
  • STRATEGI.


Yang mana ketiga bekal tersebut bisa mencakup Produk yang akan dijual, Harga promosi atau diskon, serta mengenai Produk knowledge.
Jangan bosan-bosan untuk melakukan roll play, bagi salesman yang merasa malu harus diberikan nasihat atau motivasi. Selamat mencoba....