Moch Adnan 24 Mei 2020
Cara Submit Sitemap/Peta Situs Ke Yandex
Cara Submit Sitemap/Peta Situs Ke Yandex

Benar-benar melelahkan hari ini, tapi rasanya puas juga karena bisa beraktivitas di luar. :D  okay sobat, sebagai penyambung tulisan saya kemarin, maka hari ini saya akan share cara submit peta situs atau sitemap ke Yandex. Dan ini jelas sangat berkaitan erat dengan artikel sebelumnya. Jadi bagi sobat yang belum membacanya saya sarankan untuk sejenak meluangkan waktunya membaca artikel berikut:
Cara memverifikasi kepemilikan situs ke Yandex

Silahkan mengklik tautan tersebut, dan akan terbuka dalam tab baru sehingga sobat tidak perlu repot mengulang membuka halaman ini.


Seperti halnya cara submit sitemap ke Google atau mensubmit sitemap ke Bing, tujuan dari mensubmit sitemap ke yandex ini pun sama, yakni agar konten serta halaman situs lebih cepat terindex oleh mesin telusur (search engine). Dan ujung-ujungnya harapan seorang webmaster bisa terwujud, yakni banyak klik/ visitor kedalam situsnya.
Baik, saya anggap sobat sudah membaca artikel sebelumnya, oleh karena itu langsung saja silahkan sobat ikuti langkah-langkah berikut.

Baca juga :
Cara Menyisipkan file PDF ke dalam postingan Blog

Cara submit sitemap ke Yandex

1}. Dalam dasbor webmaster Yandex, silahkan klik  menu 'My Sites'. Kemudian klik nama 'Situs' Anda

Cara Submit Sitemap/Peta Situs Ke Yandex
Gambar. 01

2}. Lalu pilih menu 'Indexing Options' yang terletak di sidebar kiri, Pilih 'Sitemap Files'
3}. Masukkan atau ketik Url sitemap anda misal 'http://www.namasitusanda.com/sitemap.xml' kedalam kotak, dan tanpa tanda kutip tentunya.

Cara Submit Sitemap/Peta Situs Ke Yandex
Gambar. 02

4}. Klik tombol 'Check' untuk memeriksa apakah sitemap yang akan anda masukkan tersebut sudah benar atau malah terdapat error (rusak).

Cara Submit Sitemap/Peta Situs Ke Yandex
Gambar. 03

5}. Jika hasil pengecekan memberikan informasi kata 'Sitemap ok' langkah selanjutnya silahkan klik tombol 'Add' dalam tab sebelumnya. dan ... SELESAI!

Cara Submit Sitemap/Peta Situs Ke Yandex
Gambar .04


Demikian cara submit atau mengirim peta situs ke Yandex, Selanjutnya sobat hanya perlu menunggu sampai semua sitemap/petasitus web sobat tersebut terindex. Mhm...lega rasanya karena janji saya akhirnya bisa saya tepati. Last, selamat mencoba ya sobb.!  Sukses s'lalu   :D