6.7.15

6 Cara Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Cara sehat menjalankan ibadah puasa


1. Melakukan Perencanaan
Pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat daftar belanja selama bulan puasa silahkan membuat perencanaan untuk menu sahur dan berbuka anda kemudian pilihlah makanan yang berbahan segar serta jauhi junk food yang mengandung banyak lemak.

2. Sahur Sebelum Waktu Imsyak/ Subuh

Memang terasa berat menjalani aktivitas sahur di pagi buta mungkin agak terasa ringan bila kita telah terbiasa makan sahur untuk puasa sunnah senin dan kamis pada bulan-bulan sebelum Ramadhan makan sahur mendekati waktu imsak akan mencegah kita melewati waktu Subuh oleh karena itu, siapkan makan sahur sebelum tidur malam dengan membuat makanan yang praktis. Disarankan untuk memilih bahan makanan yang mengandung serat, karbohidrat kompleks, protein, serta vitamin, agar tubuh dapat memelihara rasa kenyang hingga saat berbuka.

3. Makan secukupnya saat berbuka
Ikuti Sunnah Rosul yakni berbuka dengan manisnya buah kurma serta secangkir minuman hangat. Saat berbuka puasa, makanlah secukupnya saja anda bisa melanjutkan kegiatan berbuka sesudah melakukan ibadah sholat Maghrib Makan secara bertahap ini akan membantu perut kita beradaptasi kembali mencerna makanan setelah seharian menahan lapar dan haus.

4. Kurangilah Meminum Minuman Bersoda, Kopi dan juga Teh

Minuman olahan seperti kopi, teh, dan minuman bersoda bisa meningkatkan produksi air seni sehingga dapat mengakibatkan sering pipis selain itu, minuman-minuman ini bisa mengeluarkan zat-zat yang diperlukan dalam tubuh.

5. Berolahraga Ringan

Olahraga ringan ini diperlukan agar peredaran darah dalam tubuh tetap terjaga, dengan berolahraga dapat mengubah cadangan energi atau lemak dalam tubuh menjadi glukosa, dampaknya adalah badan akan terasa menjadi segar dengan demikian rasa lesu, malas, dan mengantuk akan terusir saat kita menjalankan puasa Olahraga ringan ini dapat dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka.

6. Konsumsilah Makanan Sehat. 

Jangan lupa untuk menambahkan selalu buah dan sayur segar pada menu sahur dan berbuka. Hal ini berguna untuk menjaga asupan serat dan vitamin ke tubuh tetap terpenuhi usahakan cukup minum agar tidak terkena dehidrasi dan sakit kepala di siang hari dan bau mulut
Demikianlah terlepas dari itu semua sesungguhnya PUASA itu Menyehatkan.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel 6 Cara Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar