Moch Adnan 21 Juni 2015
Cara Menyimpan File Presentasi Ke Dalam Web/ Blog
Untuk memasukkan file presentasi ke dalam web atau blog cara termudahnya adalah dengan menggunakan layanan Google drive, dengan layanan Google Drive ini kita hanya perlu mengupload materi presentasi tersebut dan mendapatkan link sharenya yang mana nantinya bisa digunakan dalam blog/web kita tersebut.
Secara ringkasnya memang seperti itu, namun biar agak terperinci lagi saya akan coba memberikan panduannya step-demi step hingga file presentasi tersebut bisa terpasang dalam halaman blog ataupun web. 
Cara Menyimpan File Presentasi Ke Dalam Web/ Blog
 
Dan untuk panduan ini saya ambil sebuah file presentasi kepunyaan seorang teman, bukan apa-apa biar panduan cara memasukkan file presentasi kedalam blog ini lebih jelas aja. :D

Baiklah, mula-mula sekali masuk kedalam akun Google anda (login) dan jika sudah berhasil selanjutnya silahkan klik link berikut guna membuka Google drive https://www.google.com/intl/id/drive/ kemudian klik ‘Kunjungi Google Drive’

Unggahlah file presentasi anda yang berformat .pptx tersebut, tunggu hingga proses unggahan selesai, dan jika sudah kemudian klik ‘Bagikan’ Akan terbuka sebuah jendela munculan, disini silahkan klik ‘Lanjutkan’ .

Cara Menyimpan File Presentasi Ke Dalam Web/ Blog
Ubah pengaturan (setelan) berbagi dari ‘pribadi’ menjadi ‘Publik’ dengan mengeset ‘Aktif-publik di web’ sebagai pilihan anda untuk memasukkan file presentasi tsb ke dalam blog, dan akhiri dengan menekan tombol ‘Save’.

Selanjutnya, klik kanan pada folder presentasi yang telah selesai di unggah serta dilakukan pengaturan ‘publik di web’ tersebut. Kemudian pilih ‘Buka dengan’ dan pilih ‘Google Slide’.

Akan terbuka sebuah tab baru, silahkan klik ‘File’ lalu pilih ‘Publikasikan di web’ lalu atur setelan ‘Tautan’ mulai dari perpindahan slide secara otomatis hingga pengaturan mulai ulang slide setelah terakhir. 

Klik pada bagian ‘Sematkan’ dan ulang kembali beberapa pengaturan dalam halaman ini, jika sudah cocok dengan setelan yang diinginkan oleh sobat, langkah selanjutnya silahkan klik tombol ‘Publikasikan’ 

Akan keluar sebuah jendela pop up ditengah layar, dan tugas anda di laman ini hanya tinggal meng-copy sederet kode yang tersedia dan menyimpannya ke dalam web/blog anda.

Cara Menyimpan File presentasi ke Laman Blog/Web

  • Masuk kedalam dasbor blog, lalu pilih 'buat entri baru'. Ubah mode penulisan dari 'Compose' menjadi 'HTML' lalu 'Pastekan' kode yang sudah anda dapatkan dari Google Drive tadi.
  • Cara lain adalah dengan memilih 'Tata letak' kemudian 'Add a gadget' dan pilih 'HTML/ JavaScript' kemudian 'Pastekan' kode file presentasi yang anda dapat dari Google Drive.

Berikut Contoh hasilnya :

Cara Menyimpan File Presentasi Ke Dalam Web/ Blog
http://wandermindbekasi.blogspot.com/2015/06/materi-presentasi-wandermind-bekasi.html

Demikian saja cara menyimpan File Presentasi ke dalam web/blog semoga bermanfaat untuk anda semua. Baca juga cara menyimpan kode script/ CSS ke dalam Google drive untuk mempercepat loading blog anda. Salam!