31.5.15

Membuat Kantong Belanja Dari Kertas

Hand Made: Membuat Kantong Dari Kertas

Jarang sekali saya memposting artikel mengenai kerajinan tangan dalam blog ini, ada satu artikel yang dulu pernah saya posting tapi itu juga sudah lama sekali, artikel tersebut tentang cara membuat wadah alat tulis dari karton/kertas. Nah, selagi ada waktu luang iseng-iseng saya coba membuat kantong dari kertas, dan ternyata bentuk hasilnya bagus dan menurut saya kantong kertas ini cocok untuk di pakai di distro-distro karena bentuknya cukup bagus.

Membuat Kantong Belanja Dari KertasBahan yang harus dipersiapkan untuk membuat kantong belanjaan dari kertas ini adalah sebagai berikut.
~ 1 lembar kertas karton, pilih yang bermotif supaya hasilnya lebih bagus.
~ Gunting.
~ Lem Kertas.
~ Penggaris.
~ Karton Putih.
Membuat Kantong Belanja Dari KertasJika bahan sudah siap, sekarang saya mulai cara membuatnya, step demi step berikut gambar. Agar terlihat lebih jelas dan moga bisa lebih dipahami.
Pertama, ambil 1 lembar karton lalu lipat sesuai ukuran awal kantong kertas yang akan anda buat. Lipat menjadi empat persegi, kemudian Lem ujung kertas karton tersebut. Pertemukan antara ujung kertas dengan ujung kertas.
Membuat Kantong Belanja Dari KertasKedua, setelah lem kering dan kertas karton benar-benar menempel, selanjutnya lipat kembali pada bagian hasil pengeleman, hingga menghasilkan empat garis tegak disetiap ke empat sudut kertas.
Membuat Kantong Belanja Dari KertasKetiga, lipat kembali pada masing-masing garis hasil dari langkah ke dua diatas, hingga kertas membentuk lipatan yang rapat. Dengan di kedua pinggiran kertas terdapat tekukan ke bagian dalam kertas.
Ke empat, lipat bagian atas serta bagian bawah kertas. Beri perbedaan jarak antara bagian atas dengan bagian bawah kertas, jangan sampai ukuran lipatan menjadi sama. Beri jarak lebih bagi lipatan pada bagian bawah kertas.
Ke lima, tekuk kertas tepat pada garis hasil lipatan yang ada di bagian atas kertas. Tekuk ujung kertas atas ke bagian dalam badan kertas. Sementara untuk hasil lipatan pada bagian bawah kertas, anda harus membentuk lipatan segi tiga, kemudian meluruskannya agar lipatan yang anda buat membentuk sebuah alas di bagian bawah kertas.
Ke enam, gunting karton putih dan samakan dengan ukuran bawah/alas kantong kertas. Jika sudah di dapat ukurannya, langkah selanjutnya lem pada bagian kantong kertas bawah dan rekatkan pada karton putih tersebut.

Ulangi langkah ke enam ini pada bagian lipatan atas kantong, dan rekatkan dengan lem pada masing-masing lipatan dalam kiri dan kanan kantong kertas.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Membuat Kantong Belanja Dari Kertas . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar