19.4.15

Cara Memperbaiki Lampu Keyboard, Mouse Mati Layar No Signal Padahal CPU Hidup

Berbagi pengalaman kembali dengan para sobat netter mengenai komputer, dan kali ini mengenai kerusakan dimana komputer tidak bisa menyala padahal CPU tidak rusak, semua komponennya berjalan seperti biasanya, namun layar komputer hanya menampilkan tulisan 'No signal detected' serta lampu mouse dan keyboard tidak menyala. Ya, memang sebenarnya timbulnya tulisan tersebut lebih dikarenakan oleh rusaknya keyboard serta mouse yang seakan tidak terbaca saat komputer sedang booting. Hal ini terlihat dimana led lampu pada mouse serta keyboard sama sekali tidak menyala. Sungguh merepotkan ketika keyboard tidak merespon pula, karena saya mengalami kendala untuk bisa masuk ke dalam bios.

Layar No Signal Padahal CPU Hidup
Banyak yang sudah saya lakukan dan mencari info di mesin pencarian tentang seputar mengatasi kerusakan komputer tidak beroperasi padahal CPU menyala, dan anehnya lagi lampu keyboard dan mouse tidak menyala pula.
Sebagai referensi dari hasil saya berselancar dalam menemukan informasi mengenai cara mengatasi kerusakan tersebut, saya akan tetap menuluskannya disini. Walau sebenarnya komputer saya teratasi bukan dengan cara yg saya temukan tersebut. Namun tidak ada salahnya anda pun mencoba, siapa tahu kerusakan tersebut bisa teratasi. Karena kita sadar kerusakan pada layar tidak nyala padahal CPU berjalan dengan baik ini sangat bermacam-macam cara untuk mengatasinya. Tinggal anda coba mengurut satu persatu guna menemukan penyebabnya.

  • 1• Coba buka casing cpu, lalu lepaskan batere Cemos komputer anda, bersihkan fisik batere dari debu dan kotoran lainnya, tunggu beberapa menit kemudian pasang kembali. Jika belum juga membawa hasil, anda bisa menggantinya dengan yang baru atau sekarang coba pakai cara ke dua.
  • 2• Buka dan kepas kemudian pasang kembali memori (RAM) komputer anda, gunakan sebuah penghapus untuk membersihkannya. Jika dalam komputer anda terdapat lebih dari satu memori, silahkan untuk memilah-milah memori manakah yang berhasil mengangkat komputer untuk booting.
  • 3• Karena mouse dan keybord tidak menyala, ada baiknya anda melakukan pengecekan pada tegangan listrik yang masuk. Untuk mengetahui powernya. Tapi jika anda yakin yang bermasalah itu dari power supply, maka silahkan untuk menggantinya dengan yang baru.

Dari ke tiga cara diatas, saya sudah melakukannya. Namun hasilnya tetap saja tidak memberi efek apa-apa pada komputer saya. Kenyataannya komputer saya tetap rusak seperti yang saya ceritakan di atas. Lalu dengan cara apa saya dapat mengatasi kerusakan tersebut?
Saya mendapat saran dari seorang teman, agar melepas keseluruhan komponen yang ada lalu merakit dan memasangnya kembali.

Lepas keseluruhan kabel serta komponen yang ada dalam CPU, usahakan mengerjakannya secara pelan-pelan saja ketika melepas kabel dari soketnya, bersihkan setiap kali anda berhasil melepas beberapa perangkat. Beri pasta pada permukaan "Processor" agar nantinya komputer tidak cepat panas, Bersihkan Kipas pendingin.

Rakit kembali keseluruhan komponen CPU yang tadi sudah anda lepas, kemudian nyalakan komputer. Jika keyboerd dan Mouse sudah merespons, silahkan masuk kedalam BIOS. Lakukan beberapa setting seperti pengaturan Jam. Tanggal dan Tahun. Atau anda bisa mengembalikan pengaturan BIOS Ke Default /bawaan awal.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Memperbaiki Lampu Keyboard, Mouse Mati Layar No Signal Padahal CPU Hidup . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

1 komentar:

cara memperbaiki lampu led keyboard tau ga gan?

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar