20.2.15

Cara Melakukan Pengecekan Dan Memperbaiki Broken Link Dalam Web

Pada web yang sehat tentu salahsatunya adalah tidak adanya broken link atau link yang rusak, ketika seseorang mengklik tautan tersebut dan link tersebut tidak dapat menampilkan laman yang dituju, melainkan kata-kata seperti ‘Page not found’ atau error 404, sudah sangat bisa dipastikan tautan link tersebut bermasalah atau link tersebut adalah broken link (sebuah link yang rusak). Bisa dibayangkan jika kita jarang melakukan pengecekan terhadap hal ini, betapa menumpuknya kejadian ini dan akan menyita banyak waktu anda sebagai seorang webmaster ketika coba membersihkan persoalan broken link ini.

Buruknya lagi, ternyata hal diatas dapat menyumbat dan memperlambat perkembangan status indek web atau blog anda. Atau dengan kata lain, status index konten web anda akan terganggu dan hal ini dikarenakan mesin pencarian juga tidak menyukai sebuah web yang didalamnya terdapat hal-hal seperti broken link ini.

Nha, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mengajak atau sekedar mengingatkan sahabat semua agar melakukan pengecekan terhadap link yang rusak yang mungkin terdapat dalam web atau blog yang tengah sahabat kelola kini. Dan bagi anda yang belum tahu tentang cara melakukan pengecekan serta memperbaiki link yang rusak tersebut, saya akan coba berbagi pengalaman melalui postingan ini.

Cara melakukan pengecekan dan memperbaiki broken link dalam web.


Cara Melakukan Pengecekan Dan Memperbaiki Broken LinkBuka www.brokenlinkcheck.com buka dalam tab baru, dan setelah terbuka selanjutnya ketikkan nama web anda ( misal: namabloganda.com ) dalam kotak isian ‘Enter Your URL’ jika sudah lanjutkan dengan mengklik tombol ‘Find Broken Links’. Maka anda akan diminta untuk memasukkan chapcha (security code) kedalam kotak yang telah disediakan, pada menu pilihan silahkan pilih 'Report distinct broken links only'. Dan kembali lagi klik tombol berwarna kuning yang terdapat tulisan ‘Find broken links now!’ 

Tunggu hingga proses penghitungan keseluruhan url blog atau web anda selesai, dan tentu penghitungan ini akan menjumlahkan keseluruhan link url blog anda yang mengalami kerusakan (broken link) semakin banyak ditemukan broken link maka proses ini akan memakan waktu beberapa saat. ini adalah proses pengecekan keseluruhan URL.

Cara Melakukan Pengecekan Dan Memperbaiki Broken Link
Perhatikan gambar pertama di atas, karena penjelasan berikut adalah tentang cara memperbaiki link yang rusak tersebut. Nha, untuk memperbaiki link tersebut caranya adalah dengan memilih tulisan 'src' yang berada dalam kotak 'Page where found'. klik tulisan tersebut dan anda akan dibawa kesebuah tab baru dan anda akan mengetahui link yang rusak tersebut. Perhatikan gambar ke 2, disana saya melingkarinya sebagai tanda bahwa link yang rusak tersebut berwarna merah.

Berikutnya ini adalah langkah pamungkasnya untuk memperbaiki link yang rusak tersebut. yaitu dengan cara membuka sumbernya, misal diatas terdapat kerusakan link dalam url no.2 maka yang harus saya lakukan adalah dengan melakukan pengeditan artikel tersebut. Kemudian saya pun menghapus atau memperbaruinya, agar broken link tersebut hilang selamanya. Demikian cara melakukan pengecekan dan memperbaiki broken link dalam web, semoga bermanfaat.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Melakukan Pengecekan Dan Memperbaiki Broken Link Dalam Web . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar