4.2.15

Beberapa Tugas Seorang Sales Supervisor

Pengertian dari kata ‘Sales Supervisor’ sendiri menurut beberapa sumber yang pernah saya baca adalah seseorang yang memimpin team sales atau istilah lainnya adalah tim penjualan dalam suatu bisnis atau perusahaan. Mengapa perlu ada seorang sales supervisor (Spv) dalam suatu bisnis atau perusahaan, hal ini dikarenakan ada anggapan bahwa sales tidak akan mampu bekerja secara efektif serta efisiein. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, ditunjuklah seorang sales supervisor. Gunanya tentu untuk memimpin, mengawasi dan mengarahkan tugas dan tanggung jawab salesman. Adapun, tugas dari Sales Supervisor (Spv) adalah sebagai berikut :

  • Mengkoordinir tim penjualan, agar dapat meningkatkan penjualan dan apakah penjualan sesuai dengan target.
  • Membuat strategi-strategi penjualan dan mensosialisasikan kepada tim sales.
  • Membantu tim sales dan memberikan pelatihan dalam mencari, melayani dan memaintain konsumen.
  • Memonitoring aktivitas tim sales.
  • Membantu mengatasi permasalahan tim sales dan ikut melakukan atau mendampingi presentasi tim sales jika diperlukan.
  • Memberikan laporan penjualan tim sales baik itu mingguan, bulanan atau tahunan.
  • Memonitoring penjualan dan pembayaran customer dari tim sales.
  • Menentukan pemberian diskon produk kepada tim sales dengan persetujuan dari Manajer Pemasaran atau Direktur Pemasaran terlebih dahulu.
  • Mensosialisasikan dan memberitahu informasi mengenai penjualan yang baru kepada tim sales.
Demikianlah kurang lebihnya fungsi dari Sales Supervisor. Secara umum, supervisor memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama namun ada tugas-tugas tertentu yang membedakan antara supervisor perusahaan distibusi, produksi maupun leasing. Semoga bermanfaat.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Beberapa Tugas Seorang Sales Supervisor . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

2 komentar

Terima kasih kunjungannya kang...moga manfaat.

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar